HUT RI ke-75, Banyak Warga Tidak Kibarkan Sang Merah Putih di Pasaman


Ahad, 16 Agustus 2020 - 19:50:27 WIB
HUT RI ke-75, Banyak Warga Tidak Kibarkan Sang Merah Putih di Pasaman Salah satu kampung di Nagari Bahagia Padanggelugur, Kabupaten Pasaman tampak sepi dari kibaran bendera merah putih jelang peringatan HUT RI ke-75.

HARIANHALUAN.COM - Sepertinya rasa nasionalisme masyarakat terhadap berbangsa dan bernegara di Kabupaten Pasaman mulai memudar. 

Hal itu tampak dari banyaknya masyarakat yang tidak memasang bendera merah putih saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-75 di Kabupaten Pasaman.

Baca Juga : Wujudkan Pendidikan Berlalu Lintas, Polda Sumbar MoU dengan Disdik

Padahal, Pemerintah Kabupaten Pasaman telah menyerukan warganya agar mengibarkan bendera merah putih di depan rumahnya masing-masing hingga akhir Agustus 2020. Seruan ini juga berlaku bagi kantor pemerintah dan swasta. 

Dalam seruannya, pemkab setempat juga menekankan kepada camat dan walinagari untuk mengimbau warganya agar mengibarkan bendera merah putih pada tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2020 atau sebulan penuh. 

Baca Juga : BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Hingga 3 Meter di Perairan Sumbar Sampai Besok

Pantauan harianhaluan.com, Minggu (16/8/2020), masih banyak bendera merah putih yang tidak dipasang di rumah penduduk, di daerah itu. Tidak seperti tahun sebelumnya, pengibaran bendera merah putih tahun ini tampak sepi dan tidak semarak. 

Perlu diketahui, bahwa pengibaran bendera merah putih tersebut merupakan bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang bersimbah darah demi tegaknya NKRI.

Baca Juga : Sempat Terhenti, Pembangunan Monumen Bela Negara Segera Dilanjutkan

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman, Afrizal pun mengakui hal ini. Menurutnya, berbagai upaya sudah dilakukan agar warga di kabupaten itu mengibarkan bendera merah putih di rumahnya masing-masing. 

"Iya, kemarin waktu rapat dengan seluruh Forkopincam, meminta pada bapak/ibu camat, Kapolsek, Danramil untuk dapat mengimbau kepada masyarakat untuk mengibar bendera di daerah masing masing," ujarnya.(*)
 

Baca Juga : Mahfud MD Ingin Pembangunan Monumen Bela Negara di Sumbar Cepat Selesai

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Nova Anggraini
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]