Pemko Padang Tiba-tiba Ubah Aturan Demi Gowes Siti Nurbaya, DPD Gerindra Sumbar: Pemko Tak Konsisten, Buat Aturan Terburu-buru Lalu Seketika Diubah


Ahad, 16 Agustus 2020 - 21:06:53 WIB
Pemko Padang Tiba-tiba Ubah Aturan Demi Gowes Siti Nurbaya, DPD Gerindra Sumbar: Pemko Tak Konsisten, Buat Aturan Terburu-buru Lalu Seketika Diubah Iven Gowes Siti Nurbaya Adventure 2020.

HARIANHARIAN.COM - Terkait pelaksanaan Gowes Siti Nurbaya Adventure 2020 dan perevisian Surat Edaran (SE) Pemko Padang tentang partisipasi menyemarakkan peringatan HUT ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020, Sekretaris DPD Gerindra Sumbar, Evi Yandri Rajo Budiman mengatakan, dari kejadian ini terlihat bahwa seorang kepala daerah tidak memperlihatkan konsistennya dalam membuat suatu aturan.

"Dari sana dapat terlihat bahwa seorang kepala daerah terburu-buru dalam membuat aturan, tidak dikaji lebih dalam sebelum aturan tersebut diluncurkan, sehingga di waktu yang dekat direvisi lagi, ini bukan kali pertama, sebelumnya juga pernah terjadi, dalam waktu dekat aturan tersebut kembali direvisi," katanya, Minggu (16/8/2020).

Lanjut Evi Yandri, dalam pembuatan aturan apalagi di masa pandemi covid-19, setiap kepala daerah berhak mengeluarkan tindakan, namun tetap memikirkan kondisi masyarakat dan tidak boleh terlalu ekstrem, hanya saja, hal yang perlu diutamakan adalah standar kesehatan.

"Bagi saya silahkan saja membuat kegiatan, tapi harus tetap memenuhi standar prosedur virus corona, seperti memakai masker, jaga jarak, cuci tangan, cek suhu tubuh dan sebagainya," tambahnya.

Evi Yandri menilai, tidak salah sebenarnya melaksanakan kegiatan olahraga berbentuk gowes yang dilaksanakan oleh Dispora Padang, asalkan menerapkan protap kesehatan dengan ketat. Namun, jika realita yang ditemukan di lapangan banyak ditemui tidak memenuhi standar kesehatan, maka di sini letak kelemahan pemerintah dalam mengawasi masyarakatnya.

"Boleh saja melaksanakan kegiatan hingga ribuan peserta, hanya saja dikembalikan lagi ke pemkonya, apakah terkontrol atau tidak, apakah sanggup mengkoordinir atau tidak dengan aparat yang diturunkan ke lapangan. Intinya, di sana harus siap dengan standar kesehatan," ucapnya. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]