Ditemukan Mutasi Virus Corona yang Lebih Menular 10 Kali Lipat


Ahad, 16 Agustus 2020 - 21:17:22 WIB
Ditemukan Mutasi Virus Corona yang Lebih Menular 10 Kali Lipat Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Seperti diketahui, virus Corona COVID-19 ditemukan telah bermutasi dari jenis yang pertama kali muncul di Wuhan, China. Mutasi D614G disebut paling menular di antara seluruh mutasi yang ditemukan.

Otoritas kesehatan Malaysia melaporkan bahwa mutasi tersebut terdeteksi di Malaysia, hal ini diumumkan pada Minggu (16/8/2020). Mutasi ini ditemukan Institut Penelitian Medis Malaysia dari empat kasus di antara dua kelompok atau klaster COVID-19 di Malaysia.

Baca Juga : Terungkap! Kehidupan di Bumi Ternyata Bisa Bertahan di Mars

"Kelompok Sivagangga dan kelompok Ulu Tiram," kata Direktur Jenderal Kesehatan Noor Hisham Abdullah dalam pada hari Minggu, dikutip dari The Straits Times.

Menurut Datuk Dr Hisham, dengan ditemukannya mutasi virus Corona yang paling menular tersebut berarti masyarakat harus lebih berhati-hati. Terlebih dalam menjalani protokol kesehatan seperti jaga jarak dan mewajibkan penggunaan masker.

Baca Juga : Terungkap! Ilmuwan Klaim Penyebab Kematian Firaun

"Ini ditemukan 10 kali lebih menular dan mudah disebarkan oleh 'super-spreader' individu," kata Dr Hisham berbicara soal jenis mutasi Corona.

Dia mengatakan tes lanjutan akan dilakukan pada kasus dan klaster lain. Dia menjelaskan bahwa mutasi D614G ditemukan oleh para ilmuwan pada Juli 2020 dan dapat membuat pengembangan vaksin menjadi tidak efektif terhadap jenis baru.

Baca Juga : Teori Kemusnahan Dinosaurus yang Terbaru Diungkap Ilmuwan

Meski begitu, dia mencatat bahwa tindakan cepat oleh otoritas kesehatan masyarakat Malaysia telah dilakukan. Tindakan cepat terus dilakukan untuk mengendalikan penyebaran virus Corona dari kelompok yang terkena dampak.

Malaysia sendiri melaporkan 26 kasus baru pada hari Sabtu, sehingga jumlah total infeksi yang dilaporkan sebanyak 9.175. Tidak ada korban jiwa baru yang dilaporkan, sehingga jumlah korban tewas tetap berada di angka 125.(*)

Baca Juga : Dinosaurus Punah Karena Asteroid Tabrak Bumi & Jupiter? Ini Kata Peneliti

Editor : Nova Anggraini | Sumber : detik.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 01:47:41 WIB

    Terungkap! Kehidupan di Bumi Ternyata Bisa Bertahan di Mars

    Terungkap! Kehidupan di Bumi Ternyata Bisa Bertahan di Mars NASA kembali menunjukkan penelitian terbarunya yang mengungkapkan kehidupan dari Bumi dapat bertahan sementara di atmosfer mirip Mars. Temuan ini membantu para ilmuwan untuk lebih memahami kemungkinan mengeksploitasi lingkung.
  • Senin, 22 Februari 2021 - 01:14:14 WIB

    Terungkap! Ilmuwan Klaim Penyebab Kematian Firaun

    Terungkap! Ilmuwan Klaim Penyebab Kematian Firaun Ilmuwan dalam penelitian baru mengklaim telah berhasil mengungkap kematian Firaun Mesir Seqenenre Taa II. Salah satu penguasa penting di masanya. Menurut hasil dari penelitian terbaru ini, ilmuwan mengklaim kalau Firaun Mesir.
  • Rabu, 17 Februari 2021 - 22:58:28 WIB

    Teori Kemusnahan Dinosaurus yang Terbaru Diungkap Ilmuwan

    Teori Kemusnahan Dinosaurus yang Terbaru Diungkap Ilmuwan Para ilmuwan sebelumnya telah bersepakat akan teori kemusnahan dinosaurus dengan nama "penabrak Chicxulub". Namun kini muncul teori baru terkait musnahnya makhluk raksasa ini. Teori "penabrak Chicxulub" ini dipercayai dengan .
  • Selasa, 16 Februari 2021 - 11:15:20 WIB

    Dinosaurus Punah Karena Asteroid Tabrak Bumi & Jupiter? Ini Kata Peneliti

    Dinosaurus Punah Karena Asteroid Tabrak Bumi & Jupiter? Ini Kata Peneliti Pelaku baru yang berhasil memusnahkan dinosaurus di Bumi telah ditemukan oleh para peneliti. Menurut peneliti, Amir Siraj, ini seperti mesin permainan pinball dan ada kerja Jupiter di dalamnya..
  • Sabtu, 13 Februari 2021 - 06:39:46 WIB

    Heboh NASA Bilang Matahari Akan Terbit dari Barat, Benarkah?

    Heboh NASA Bilang Matahari Akan Terbit dari Barat, Benarkah? Matahari bisa terbit dari barat. Itu isi sebuah postingan Facebook yang dibagikan belasan ribu kali dan mengklaim bahwa hal itu diumumkan oleh lembaga antariksa NASA. Benarkah demikian?.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]