Peringatan HUTKemerdekan ke-75 RI di Swiss, Aplikasi Batik Digital Diluncurkan


Senin, 17 Agustus 2020 - 10:53:44 WIB
Peringatan HUTKemerdekan ke-75 RI di Swiss, Aplikasi Batik Digital Diluncurkan Batik Minang (tempo.co)

HARIAHALUAN.COM-Mahasiswa Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Università della Svizzera Italiana (USI), Lugano, Swiss bekerja sama dengan UNESCO meluncurkan aplikasi iWareBatik dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-75, untuk dokumentasi digitalisasi batik sebagai warisan budaya tak benda.

Pensosbud KBRI Bern dalam keterangan tertulis dikuip dari Antara, Senin (17/8/2020), menyebutkan iWareBatik diluncurkan dalam bentuk laman iwarebatik.org dan aplikasi ponsel pintar. Tepat pada 17 Agustus, aplikasi iWareBatik bisa diunduh di ponsel Android dan iOS.

Dubes RI untuk Swiss Muliaman D. Hadad mengatakan proyek ini mendapat dukungan penuh dari UNESCO Chair di USI, Prof. Lorenzo Cantoni, yang menyatakan proyek ini sejalan dengan visi, misi, dan nilai-nilai yang dijunjung UNESCO, yaitu penggunaan teknologi yang bijak untuk pelestarian budaya.

Dalam hal ini, dokumentasi digital batik dapat lebih menjangkau generasi muda dan meneruskan nilai-nilai leluhur yang terkandung dalam motif batik dimaksud.

Menurut Dubes Muliaman D. Hadad, konsultasi intens dengan KBRI Bern dialkukan selama proses pengembangan aplikasi ini.

“Ide untuk digitalisasi batik ini dapat sejalan dengan peningkatan jumlah wisatawan yang akan datang ke Indonesia untuk membeli dan menggunakan batik”, ujar Dubes, sambil menambahkan bahwa oleh karena itu materi tentang pariwisata Indonesia pun dimasukkan di dalam aplikasi.(*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]