Traffic Light By Pass Arah Unand Sukses Kumandangkan Lagu Indonesia Raya, Masyarakat: Kami Kagum


Senin, 17 Agustus 2020 - 10:57:11 WIB
Traffic Light By Pass Arah Unand Sukses Kumandangkan Lagu Indonesia Raya, Masyarakat: Kami Kagum Suasana detik-detik Proklamasi HUT RI ke-75 pukul 10.16 WIB di lampu merah simpang empat By Pass Padang

HARIANHALUAN.COM - Himbauan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Padang kepada masyarakat untuk ikut andil dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75 sukses menyita perhatian masyarakat, khususnya di sejumlah titik lampu merah di Kota Padang.

Salah satunya di simpang empat By Pass, arah Kampus Universitas Andalas (Unand) Limau Manis, Kota Padang, sejumlah aparat keamanan mulai dari kepolisian, Satpol PP hingga dinas perhubungan telah berada di lokasi sejak Senin (17/8/2020) pagi, lengkap dengan sarana ATCS, mobil damkar dan lainnya.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Kamis 25 Februari 2021

Pantauan Harianhaluan.com di lapangan, sejumlah aparat pengamanan telah menempati posisi di empat persimpangan lampu merah tersebut sekitar pukul 10.11 WIB pagi, setiap persimpangan dijaga oleh empat hingga lima orang personel. Tepat pada pukul 10.16 WIB lonceng peringatan sudah mulai dibunyikan dari alat pengeras suara sambil mengamankan pengandara di setiap lampu merah dan personel mulai berbaris tepat di sepanjang zebra cross.

Kemudian pukul 10.17 WIB, traffic light mulai distel menjadi merah di keempat titik, serta lagu kebangsaan Indonesia Raya pun dikumandangkan. Para pengendara tampak khidmat mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya tersebut tanpa adanya bunyi klakson dari kendaraan.

Baca Juga : Pemko Padang Terima CSR Ambulance dan Mobil Operasional dari Bank Nagari Guna Tingkatkan Layanan Kesehatan

Walaupun sempat terjadi sedikit kemacetan pasca lagu Indonesia Raya usai dinyanyikan, namun situasi jalan kembali normal setelah sejumlah personel turun andil mengatur lalu lintas dan traffic light kembali berfungsi seperti biasa.

Seorang pengandara Eli (45) mengungkapkan rasa kagumnya terhadap terobosan yang digagas oleh Dishub Kota Padang ini. Walaupun dalam situasi perjalanan, namun rasa khidmat atas lagu kebangsaan tersebut tak kalah jauh seperti melaksanakan upacara bendera.

Baca Juga : Belajar Billing Sistem, Perumda AM Kota Padang Disambangi Direksi PDAM Muaro Tebo

"Saya merasa kagum dan sempat bergetar ketika mendengar lagu Indonesia Raya, walaupun kondisinya sedang di jalan raya, namun tidak mengurangi kekhusukan lagu tersebut dan saya sempat terharu dan kembali teringat perjuangan bangsa Indonesia beberapa tahun silam," katanya Senin (17/8/2020).

Walaupun sebenarnya rasa dari lagu tersebut akan lebih khidmat ketika melaksanakan upacara bendera. Namun Eli merasa kagum, setidaknya di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan untuk menghindari kerumunan. Ia mengaku senang, setidaknya masih dapat berkontribusi melalui momen ini.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Rabu 24 Februari 2021

Hal yang sama juga dirasakan Efendi (34), Ia mengaku baru pertama kali mendengarkan lagu Indonesia Raya di jalan raya. Pada tahun sebelumnya, Ia rutin melaksanakan upacara bendera di lapangan, ketika mengantar anaknya dalam mengikuti pergelaran 17 Agustus. "Kita sama-sama paham dengan kondisi pandemi saat ini, walaupun di jalan raya, namun saya tetap kagum dan bangga dengan Indonesia, tidak terasa sudah 75 tahun bangsa kita merdeka," katanya.

Saat berita ini diturunkan, Harianhaluan.com masih meminta keterangan dari Dishub Kota Padang dan sejumlah elemen yang terlibat di dalamnya. (*)
 

Reporter : Metria Indeswara | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]