Merdeka Ditengah Pandemi, Komunitas Onthel Dharmasraya Gowes Sepeda Tua Sejauh 75 KM


Senin, 17 Agustus 2020 - 13:14:29 WIB
Merdeka Ditengah Pandemi, Komunitas Onthel Dharmasraya Gowes Sepeda Tua Sejauh 75 KM Salah satu koleksi sepeda onthel produksi Belanda, Simplex Amsterdam, yang merupakan salah unggulan Komunitas Onthel Dharmasraya dan diikutsertakan dalam kegiatan napak tilas 75 Tahun Indonesia Merdeka, Senin (17/08).

HARIANHALUAN.COM - Kolektor jenis sepeda tua yang tergabung dalam Komunitas Onthel Dharmasraya, mendayung sepeda koleksi miliknya menempuh jarak sekitar 75 kilometer demi merayakan kemerdekaan negara Republik Indonesia,l meskipun ditengah pandemi Corona, Senin (17/08). 

"Kami mengambil awalan dari kawasan blok B Sitiung menuju halaman Kantor Bupati Dharmasraya, melewati ruas jalan lintas Sumatera dan kembali lagi ke garis start setelah istirahat, sholat dan makan siang, " Kata Juru Bicara komunitas tersebut, Rasmo (42), di Pulau Punjung, Senin (17/08). 

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan upaya napak tilas para leluhur yang telah rela berkorban harta dan nyawa demi memerdekakan bangsa Indonesia. 

Ia berharap, melalui kegiatan kecil yang mereka sumbangkan tersebut mampu memupuk rasa persaudaraan dan saling hormat menghormati antar sesama anak bangsa sekaligus membangun kembali semangat kebangsaan dan cinta tanah air sebagai bagian dari upaya bela negara yang diproklamirkan kemerdekaannya 75 tahun yang lalu. 

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Terkait komunitas tersebut, ia menjelaskan hingga saat ini sudah bergabung sebanyak 18 pehobi sepeda onthel dengan aset berbagai jenis merk terkemuka pada masanya. 

"Komunitas kami juga telah terdaftar di Komunitas Onthel Nusantara dan ditandai dengan diperolehnya satu unit koleksi onthel buatan Belanda dengan merk dagang Simplex Amsterdam yang menjadi salah satu koleksi andalan di kelompok kami, " ungkapnya. 

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

Selain itu, tambahnya, beberapa merk terkenal lainnya seperti Hero, Reliegh, Phoenix, Hercules, dan BSA juga turut meramaikan daftar koleksi sepeda onthel komunitas tersebut. 

"Kami terus berupaya merekrut para pemilik sepeda klasik dan bagi yang berminat bergabung atau memiliki koleksi sepeda warisan, dipersilahkan menghubungi anggota kami, " Ajaknya. 

Baca Juga : Walinagari Mengalihkan Bantuan untuk Siswa Korban Banjir Solsel, Kepsek: Kami Tidak Tahu

Pantauan HarianHaluan. Com, sebanyak 18 orang anggota Komunitas Onthel Dharmasraya mengikuti kegiatan napak tilas tersebut lengkap dengan atribut bendera merah putih yang dipasang pada setiap sepeda klasik koleksi mereka. 

Pada pelaksanaannya, seluruh pedayung sepeda onthel tersebut tetap menerapkan standar adaptasi kebiasaan baru bebas Covid-19 seperti menggunakan masker dan tetap menjaga jarak aman atau physical Distancing. (*)

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]