Ikuti 5 Langkah Ini Jika Ingin Punya Uang Baru Pecahan Rp75.000


Senin, 17 Agustus 2020 - 14:17:57 WIB
Ikuti 5 Langkah Ini Jika Ingin Punya Uang Baru Pecahan Rp75.000 Uang Rp75.000 edisi HUT RI ke-75. Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Uang baru edisi khusus senilai Rp75.000 yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia kini sudah bisa didapatkan per hari ini. Hal ini disampaikan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Senin (17/8). 

"Masyarakat dapat memperoleh uang ini melalui mekanisme penukaran uang rupiah senilai Rp 75 ribu atau sama dengan uang peringatan kemerdekaan tersebut," kata Perry saat peluncuran uang secara virtual, Senin 17 Agustus 2020.

Adapun, uang baru ini berjenis uang kertas dengan nominal pecahan Rp 75.000. Uang ini memiliki tiga tema dan makna filosofi, yaitu mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan dan menyongsong masa depan gemilang.

1. Pesan Melalui Aplikasi PINTAR

Perry mengatakan, pihaknya sudah mendistribusikan uang tersebut ke kantor Bank Indonesia di seluruh Indonesia. Untuk mendapatkan uang tersebut, masyarakat dapat melakukan pemesanan secara online melalui aplikasi PINTAR di laman resmi Bank Indonesia dengan tautan pintar.bi.go.id.

2. Siapkan Bukti Kepemilikan KTP

Hal itu dikarenakan untuk memilih jadwal dan lokasi terlebih dahulu untuk melakukan penukaran. Kemudian setiap warga negara Indonesia dengan dibuktikan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) hanya dapat menukarkan satu lembar pecahan uang Rp 75 ribu edisi khusus HUT RI ke-75.

3. Ikuti Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang

Selanjutnya, periode pemesanan penukaran, jadwal dan lokasi penukaran terdiri dari dua tahap, yaitu  Periode pemesanan penukaran tahap satu yakni tanggal 17 Agustus 2020 Pukul 15.00 WIB – 30 September 2020.

Dengan tempat penukaran di Kantor Pusat  Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri (KPwDN) di seluruh provinsi dan beberapa kota/kabupaten. Lalu untuk tahap dua, tanggal 1 Oktober 2020 – selesai, dengan tempat penukaran di Bank Indonesia (KP dan KPwDN) dan Bank Umum yang ditunjuk.

4. Bawa Bukti KTP, Bukti Pemesanan dan Datang Sesuai Jadwal 

Jika telah melakukan pemesanan jadwal dan tempat penukaran, masyarakat dapat datang dengan membawa KTP, bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital, dan datang sesuai waktu dan lokasi yang sudah dipilih.

Penukaran di Bank Indonesia dapat dilakukan pada pukul 08.00-11.00 waktu setempat Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPwDN) Bank Indonesia. Demi menjaga protokol kesehatan dan menjaga tak ada kerumunan dalam aplikasi pemesanan penukaran, masyarakat dapat memilih waktu penukaran antara lain Pukul 08.00-09.00 waktu setempat, lalu Pukul 09.00-10.00 waktu setempat, dan Pukul 10.00-11.00 waktu setempat.

5. Penukaran Uang Bisa Diwakilkan 

Selain itu, penukaran uang juga bisa diwakilkan oleh orang lain (perwakilan penukar) dengan syarat membawa bukti pemesanan dalam bentuk hard copy atau digital, surat kuasa bermaterai cukup, KTP asli pemesan sesuai dengan data yang tertera pada bukti pemesanan, KTP/SIM/Paspor asli perwakilan penukar. Bank Indonesia juga bekerja sama dengan lima bank umum dalam pendistribusian uang edisi khusus HUT RI ke-75 yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB. (*)

 Sumber : Tempo.Id /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]