Lokasi Pembangunan Tol Pekanbaru-Rengat-Jambi Ditetapkan Pekan Ini


Senin, 17 Agustus 2020 - 16:58:50 WIB
Lokasi Pembangunan Tol Pekanbaru-Rengat-Jambi Ditetapkan Pekan Ini Pembangunan Jalan Tol

HARIANHALUAN.COM-Penetapan lokasi (Penlok) pembangunan jalan tol  Pekanbaru-Bangkinang dan Pekanbaru-Rengat-Jambi dalam pekan ini akan ditetapkan Pemerintah Provinsi Riau. Penetapan lokasi ini akan menjadi dasar kelanjutan pembangunan tol Pekanbaru-Padang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Yan Prana Jaya, mengatakan, penetapan lokasi (penlok) Pekanbaru-Bangkinang dan Pekanbaru-Rengat, untuk tahap pertama ini segera dilakukan MoU. Dan sekaligus akan dilakukan sosialisasi ke masyarakat untuk penlok yang ditetapkan.

Baca Juga : Tampar Supir Truk, Ketua DPRD Pasaman Barat Dipolisikan

“Insya Allh segera akan dilakukan penlok tol Pekanbaru-Bangkinang, dan Pekanbaru-Rengat. Ini tahap pertama di Bangkinang yang masuk dalam tahap konsultasi publik. Mudah-mudahan berjalan lancar dalam penetapan penlok ini,” ujar Sekda, Yan Prana Jaya, Senin (17/8/2020).

Dijelaskan Sekda yang didampingi Asisten II Setdaprov Riau, Evarefita, setelah penlok dan sosialisasi ke masyarakat, barulah akan dibahas pembebasan lahan yang terkena pembangunan tol Pekanbaru-Padang. Untuk di Riau sendiri, masyarakat mendukung pembangunan tol Pekanbaru-Padang.

Baca Juga : Apes! Kebut-kebutan, Rombongan Moge Dihadang Paspampres

“Nanti tolnya dari Pekanbaru-Bangkinang, yang berada di jalan bypass Pekanbaru-Bangkinang depan RM Pak Abas. Itu sudah dibangun sebagian, tembusnya di Jembatan Kuok. Panjangnya sekitar 28 kilometer. Untuk tol Pekanbaru-Bangkinang sepertinya pembebasan lahan lebih mudah, dan tidak ada lahan perusahaan hanya lahan masyarakat. Nanti itu tugas dari BPN,” kata Sekda.

“Untuk tol Pekanbaru-Rengat juga segera ditetapkan penloknya, pada bulan ini diselesaikan. Bulan September atau Oktober bisa mulai dibangun. Tahap pertama dan tahap kedua Rengat-Jambi juga dilakukan penloknya,” tambah Sekda.

Baca Juga : Polda Sumbar Kerahkan Ditreskrimsus Kaji Unsur KKN pada Kasus Dugaan Penyelewengan Dana Covid-19

Untuk diketahui, proyek tol Pekanbaru-Padang memasuki tahap pembebasan lahan. Diawali dari ruas masuk di jalan Pekanbaru-Bangkinang km 29, Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang. Ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 255 km yang akan terbagi dalam lima seksi ini, awalnya sudah di-groundbreaking pada 2017 lalu dari sisi Padang. 

Selanjutnya lima ruas jalan tol yang akan dikerjakan di Riau, selain Pekanbaru-Dumai yang sudah tahap peresmian, adalah Pekanbaru-Padang. Dimulai pengerjaannya pada 2020. Kemudian juga ada ruas Pekanbaru-Rengat, Rengat-Jambi, dan Pekanbaru-Rantau Prapat. (*)

Baca Juga : Kasasi Ditolak MA, Bupati Pessel Rusma Yul Anwar Klaim Belum Terima Surat Salinan

Editor : Dodi | Sumber : Riaumandiri.id (Haluan Media Group)
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]