Peringatan HUT RI ke-75, Pemuda di Daerah Ini Beri Penghargaan untuk Veteran


Senin, 17 Agustus 2020 - 19:16:39 WIB
Peringatan HUT RI ke-75, Pemuda di Daerah Ini Beri Penghargaan untuk Veteran Upacara peringatan HUT RI ke-75 di RT 05 RW 02, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Padang, Senin pagi.

HARIANHALUAN.COM - Untuk memperingati momentum bersejarah di Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75, pemuda-pemudi yang berada di RT 02 dan RT 05 di RW 02, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang menggelar aksi pengibaran bendera merah putih sebagai bentuk kecintaan dan rasa Nasionalisme yang tinggi, Senin (17/8/2020) pagi. 

Masa transisi pandemi Covid-19 ini tak menyurutkan semangat juang dan semangat kebangsaan para pemuda dan pemudi ini. Terlihat, semangat mereka yang berapi-api tatkala bendera dinaikkan dengan lantunan lagu Indonesia Raya. Upacara bendera yang digelar di lapangan voli daerah tersebut semakin khidmat dengan adanya 15 orang veteran yang ada di daerah itu untuk merasakan kembali perjuangan mereka. 

Dalam upacara tersebut, Putu Eka Pristiwasa selaku Ketua RT setempat ditunjuk sebagai pembina upacara. Pria yang biasa disapa Pak Eka ini semakin bersemangat ketika melihat antusias dari masyarakat yang ikut bergabung dalam upacara. Hal ini sangat baik karena memberikan contoh kepada generasi mendatang tentang rasa kecintaan kepada bangsa juga menumbuhkan semangat kebangsaan di kalangan anak-anak muda.

“Jarang sekali yang saya lihat sekarang-sekarang ini para pemuda mau bergiat seperti ini. Makanya, saya sangat berterimakasih karena acara ini menurut saya sangat baik karena mereka semua ini memberikan contoh yang positif kepada semua orang yang ada di lingkungan kita ini,” katanya usai upacara.

Sementara itu, Ketua Pemuda RT 02 dan RT 05 di RW 02, Hendra Gunawan mengatakan, acara ini dilakukan untuk mengingat para pahlawan yang sudah berjuang demi negara dan untuk menghayati Hari Kemerdekaan. Semangat yang ditularkan oleh para peserta upacara dan juga para anak-anak muda di daerahnya menjadikan HUT RI tahun ini terasa lebih khidmat ditambah lagi dengan tantangan melawan Covid-19. 

“Kita adakan upacara inikan karena bentuk penghayatan supaya kita, khususnya dari anak-anak muda mengenang dan mengingat bagaimana dulu pahlawan kita berjuang demi berkibarnya bendera merah putih,” tuturnya

Selain itu, di akhir acara, juga diserahkan cenderamata kepada para veteran yang tinggal di sekitar lingkungan tersebut. Setidaknya, cenderamata yang diberikan bisa bermanfaat dan berguna hendaknya untuk mereka. "Kita memang tak bisa berjuang, tapi dengan pemberian yang tulus dan penghargaan yang besar dari kita, jasa mereka setidaknya bisa jua kita kenang," tutup Iqbal Ramadhan, Ketua Pelaksana. (*)

loading...
Reporter : Agoes Embun /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 09 September 2020 - 20:53:03 WIB

    Perhatian untuk Mantan Atlet pada Peringatan Haornas 2020 di Padang

    Perhatian untuk Mantan Atlet pada Peringatan Haornas 2020 di Padang HARIANHALUAN.COM - Mantan 'pejuang medali' di Padang selama ini kurang terperhatikan. Di ajang Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2020 ini, Pemerintah Kota (Pemko) setempat sudah bertekad untuk lebih memperhatikan para at.
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 12:16:12 WIB

    Peringatan Hari Lahir Pancasila Digelar Virtual, Waga Cukup Nonton di Rumah Saja

    Peringatan Hari Lahir Pancasila Digelar Virtual, Waga Cukup Nonton di Rumah Saja HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Padang, Mahyeldi mengeluarkan surat edaran nomor: 200/392/Kesbangpol/2020 mengenai partisipasi beberapa institusi diantaranya, Sekda, Asisten, Sekretaris DPRD dan beberapa lembaga terkait untuk me.
  • Senin, 23 Desember 2019 - 21:09:28 WIB

    PT Semen Padang Apresiasi Perjuangan Perempuan pada Peringatan Hari Ibu

    PT Semen Padang Apresiasi Perjuangan Perempuan pada Peringatan Hari Ibu PADANG, HARIANHALUAN.COM - Direktur Operasi PT Semen Padang, Firdaus, menilai momentum peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 mesti menjadi refleksi dan perenungan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pem.
  • Jumat, 16 Desember 2016 - 01:32:18 WIB

    Peringatan Hari Ibu Jangan Sekadar Seremonial

    PADANG, HALUAN — Gu­bernur Sumbar Irwan Pra­yit­no mengatakan, dalam mem­peringati Hari Ibu tahun ini peran serta perempuan da­lam pembangunan bangsa akan semakin baik, begitu juga dengan kebijakan yang bersinergi ser.
  • Jumat, 30 September 2016 - 04:06:25 WIB

    Peringatan Gempa, Mantan Wako Diundang

    Peringatan Gempa, Mantan Wako Diundang PADANG,HALUAN — Mantan Walikota Padang, Sumatera Barat Fauzi Bahar mengatakan dirinya kecewa dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Padang karena tidak mengundang dirinya dalam peringa­tan tujuh tahun Gempa 30 September 2009 yang.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]