Peluncuran Gopas Kuliner, Ketua DPRD Pasaman: Ini Era Kebangkitan UMKM


Senin, 17 Agustus 2020 - 19:52:00 WIB
Peluncuran Gopas Kuliner, Ketua DPRD Pasaman: Ini Era Kebangkitan UMKM Ketua DPRD Pasaman, Bustomi bersama istri, Selvia Dewi Pohan meresmikan Gopas Kuliner sebagai sentra oleh oleh Pasaman.

HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman, Bustomi meresmikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sentra oleh-oleh, Gopas Kuliner. UMKM ini berada di bawah naungan Gopas (Go Pasaman). Peresmian UMKM sentra oleh-oleh yang beralamat di Simpang Tiga, By Pass, Sawah Panjang, Lubuksikaping itu terasa spesial, karena diresmikan bertepatan di peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75, Senin (17/8/2020).  

Menurut Bustomi, pihaknya sengaja memilih peresmian sentra oleh oleh khas Pasaman itu di hari HUT RI ke-75 sebagai bentuk patriotisme untuk memotivasi dan menggerakan sentra UMKM yang saat ini terdampak pandemi Covid-19. Dalam beberapa bulan terakhir, negara ditimpa wabah Covid-19 yang luar biasa. Salah satu sektor paling terdampak, bahkan sampai ada yang gulung tikar yaitu sentra UMKM. 

Baca Juga : Gunakan Tiang Listrik Bright PLN Belasan Tahun, Jaringan TV Kabel Diputus

"Mereka tidak mampu bertahan di tengah ketidakpastian akibat wabah ini," ujar Bustomi didampingi CEO GoPas (Go Pasaman, red), sekaligus istrinya, Selvia Dewi Pohan. 

Semua pihak, kata Ketua DPC Gerindra Pasaman ini, harus turun tangan dan saling bahu membahu untuk memajukan UMKM di daerah ini agar tidak semakin terpuruk. Sebab, sektor UMKM adalah penyangga perekonomian nasional. "Makanya kita harus turun tangan bersama, membangkitkan kembali sentra UMKM ini, khususnya di Pasaman. Ini selaras pula dengan visi Indonesia Maju," katanya. 

Baca Juga : Dari Cabai hingga Bawang, 4 Bahan Pokok di Pasar Raya Padang Ini Turun Harga

Bustomi menegaskan, kedepan, pihaknya bakal memberikan pendampingan serius terhadap para pelaku UMKM di daerah itu agar lebih maju dan memiliki daya saing. Bagi mereka yang ingin bergabung, bisa menghubungi dirinya secara langsung maupun lewat lembaga yang dipimpin istrinya itu, Gopas. Sebagai contoh, kata Bustomi, pihaknya sudah membuka sentra sayur mayur di Kecamatan Duokoto dengan luas lahan sekitar 20 hektar. 

Tanah yang subur serta bentang alam yang bagus menjadikan Duokoto sangat potensial sebagai sentra sayur mayur di daerah itu. Hal senada juga disampaikan CEO Gopas Kuliner, Selvia Dewi Pohan Bustomi. Keterlibatannya secara langsung dalam project itu diharapkan bisa membantu para pelaku UMKM memasarkan produknya, sekaligus sebagai wadah bagi mereka untuk memajukan usahanya.

Baca Juga : Terkait HUT Bank Nagari ke-59, Promo Kredit untuk Pegawai dan Pensiunan Berakhir 31 Maret

"Saat ini di Gopas Kuliner sudah kami produksi berbagai macam produk UMKM. Diantaranya, ada Abon Ikan Mas Pasaaman (Abonpas), Kripik pisang uni suka, Seruni, Kipang dan Kacang goreng," terang Nyonya Bustomi ini.Pihaknya, kata dia, akan selalu mengedepankan mutu dan kualitas produk, agar diminati konsumen dan bisa menembus pasar. Sehingga ke depan, produk yang dihasilkan dapat menjadi ikon oleh-oleh bagi Pasaman.

"Kita akan pertahankan rasa dan brandnya Pasaman. Agar kedepan bisa menjadi ikon UMKM Pasaman baik secara lokal dan segera Go Nasional. Alhamdulillah dalam satu bulan ini sudah mulai kami pasarkan ke Sulawesi Selatan, Riau, Kerinci dan Jakarta dengan pemasaran secara online," katanya. (*)

Baca Juga : Sate Mendominasi Sebagai Santapan Pagi di Solsel, Omset Pedagang Menurun

Reporter : Yudhi Lubis | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]