Baru Rampung, Badan Jalan Sport Centre di Pasaman Mulai Rusak


Senin, 17 Agustus 2020 - 20:14:25 WIB
Baru Rampung, Badan Jalan Sport Centre di Pasaman Mulai Rusak Kondisi pengerjaan pasangan batu pada proyek pembangunan jalan sport centre Padanggelugur, roboh usai diterjang air sawah beberapa waktu lalu.

HARIANHALUAN.COM - Baru hitungan minggu rampung, pengerjaan pembangunan badan jalan menuju lokasi pembangunan sport centre di Padanggelugur, Kabupaten Pasaman sudah mulai mengalami kerusakan di sejumlah titik. Selain mengalami keretakan, pasangan batu kali saluran, pada pekerjaan timbunan badan jalan ambruk sepanjang lima meter, tepat di titik 10+125. 

Belum lagi lantai saluran mulai mengalami bolong. Alasannya, karena dihondoh banjir, beberapa waktu lalu. Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Pasaman, Khairul Amri mengatakan, jalan tersebut merupakan akses menuju rencana pembangunan Sport Center. Lokasinya, di Kubu Juar, Nagari Sitombol, Kecamatan Padanggelugur. 

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

"Kegiatannya ada pada Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) tahun anggaran 2020. Yang telah selesai baru pada tahapan penyiapan badan jalan," ujar Khairul Amri, saat dihubungi beberapa hari lalu. 

Dikatakannya, pihak rekanan masih memiliki tanggungjawab penuh untuk melakukan perbaikan atas pekerjaan yang rusak pada kegiatan pembangunan badan jalan menuju Sport Centre di Padanggelugur tersebut. "Untuk pekerjaan yang rusak, itu wajib di perbaiki kembali pada masa pemeliharaan oleh pihak rekanan. Kerena jaminan pemeliharaanya masih ada, selama 1 tahun semenjak serah terima pertama dilakukan," ujarnya.

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Khairul menjelaskan, bahwa nilai kontrak kerja penyiapan badan jalan itu lebih kurang mencapai Rp780 juta. Dengan item pekerjaan timbunan badan jalan dan pasangan batu kali saluran. "Untuk pasangan batu kali saluran di dalam kontrak, kita tidak terdapat analisa plesteran atau acian. Yang ada hanya item pekerjaan pasangan saja. Jadi, kalau analisa K berbeda dengan analisa bangunan. Yang kita bayarkan hanyalah pasangan saja," imbuhnya. 

Khairul menegaskan, pihaknya akan segera memanggil pihak rekanan agar memperbaiki segala kerusakan pada kegiatan pembangunan badan jalan ke sport centre tersebut secepatnya.  "Makasih atas infonya, secepatnya akan kita surati dan panggil rekanan untuk melakukan perbaikan pada masa pemeliharaan," pungkas Khairul. 

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

Berdasarkan informasi tender pada laman LPSE Kabupaten Pasaman, pembangunan jalan ke Sport Centre Padanggelugur itu dikerjakan oleh CV Indah Sago, beralamat di Jalan Siti Manggopoh II, Gang Damai No. 2, Durian Tinggi, Lubuksikaping. Dengan harga penawaran sebesar Rp799,9 juta dari pagu anggaran Rp1 miliar, dana bersumber dari APBD Kabupaten Pasaman. (*)

Reporter : Yudhi Lubis | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]