Mengharukan! Pandemi Covid 19 Tak Lunturkan Semangat Para Petani Upacara Hari Kemerdekaan di Ladang Cabai


Senin, 17 Agustus 2020 - 21:58:54 WIB
Mengharukan! Pandemi Covid 19 Tak Lunturkan Semangat Para Petani Upacara Hari Kemerdekaan di Ladang Cabai Upacara 17 Agustus di ladang cabai.

HARIANHALUAN.COM - Seluruh daerah di Indonesia serentak menggelar Upacara Hari Kemerdekaan ke-75 pada Senin (17/8/2020). Rata-rata, setiap daerah memanfaatkan halaman gedung perkantoran sebagai lokasi upacara untuk menghormati kemerdekaan tersebut secara sederhana. Tapi, ada satu nagari di Kabupaten Limapuluh Kota yang berbeda dengan yang lainnya.

Upacara pengibaran bendera merah putih itu dilakukan dengan cara berbeda dan tergolong unik. Yaitu, upacara digelar di tengah ladang cabe. Seperti yang dilakukan di Jorong Padang Mangunai, Nagari Ampalu, Kecamatan Lareh Sago Halaban. Peserta upacara pun bukanlah kalangan pejabat tinggi ataupun ASN. Melainkan hanya petani cabe di nagari setempat. 

Sebagai inspektur upacara di dalam ladang itu, petani mempercayai Koordinator Gerakan Pemuda Tani (Gempita) Sumbar, Nurkhalis. Kemudian, Kepala Jorong Padang Mangunai Wendri dipercaya sebagai inspektur upacara. "Alhamdulillah, ucapara pengibaran bendera dalam rangka HUT RI berjalan khidmat dan lancar. Petani juga antusias mengikuti upacara," terang Nurkhalis.

Mantan Caleg DPD RI itu mengatakan sengaja melakukan upacara bendera HUT RI dengan melibatkan petani di ladang cabe. Sehingga, katanya, upacara HUT RI tidak hanya dilakukan oleh orang-orang penting, termasuk kalangan pejabat saja. "Petani juga bisa mengikuti pengibaran bendera HUT RI. Mungkin selama ini mereka sudah rindu untuk hormat ke bendera merah putih," ucap Nurkhalis lagi.

Dalam amanatnya, di hadapan petani Nurkhis menyampaikan agar Pemprov Sumbar maupun Pemko dan Pemkab lainnya segera membuat turunan Undang-Undang No.19 Tahun 13 tentang Hak dan Perlindungan Petani. Khusus ke pemerintah, dia berharap bisa membuat kebijakan mengurangi impor dan lebih mengutamakan dan memaksimalkan produksi petani dalam negeri. 

"Biar dengan semangat kemerdekaan, petani akan terus bertambah kesejahteraan. Kemudian, ada perlindungan hukum terhadap petani. Dan pupuk yang mudah didapatkan oleh petani," terang Nurkhalis.

Saat upacara yang diikuti lebih 100 petani itu, Nurkhalis juga mengajak ormas Pemuda Pancasila Kecamatan Lareh Sago Halaban. Upacara HUT RI yang digelar di ladang petani itu juga diapresiasi oleh mantan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman. "Kami, Gempita setiap tahun menggelar upacara HUT RI di ladang petani. Tahun lalu diadakan lahan pertanian kawasan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Dadang Esmana /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]