Ada Calon Independen yang Penuhi Syarat, Putra Jokowi Batal Lawan Kotak Kosong?


Selasa, 18 Agustus 2020 - 08:37:06 WIB
Ada Calon Independen yang Penuhi Syarat, Putra Jokowi Batal Lawan Kotak Kosong? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Sekitar 10 ribu berkas dukungan perbaikan pasangan bakal calon independen Pilkada Solo, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) dinyatakan memenuhi syarat. Meski belum resmi diumumkan, jumlah tersebut sudah melampaui kekurangan berkas pada tahap sebelumnya, yaitu 7.241 dukungan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Pemenangan Bajo, Robert Hananto. Menurutnya, jumlah tersebut berdasarkan penghitungan terakhir di tingkat kelurahan.

"Hari terakhir penghitungan di tingkat kelurahan sudah ada 10 ribuan, melebihi syarat perbaikan yang ditetapkan KPU," kata Robert saat dihubungi detikcom, Senin (17/8/2020).

Pihaknya saat ini tengah mempersiapkan diri untuk tahap-tahap selanjutnya, mulai dari pendaftaran calon pada 4-6 September 2020 hingga persiapan kampanye.

"Kita menunggu rapat pleno tingkat kota. Setelah resmi dinyatakan memenuhi syarat dukungan kita akan mendaftar pada 4-6 September," kata dia.

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti membenarkan adanya 10 ribu berkas perbaikan yang memenuhi syarat. Namun pihaknya masih harus melakukan rekapitulasi bertingkat.

"Terakhir memang jumlahnya sekitar 10 ribu berkas. Tapi ini masih bertahap ke pleno tingkat kecamatan. Lalu tingkat kota rencananya 21 Agustus," kata Nurul saat dihubungi detikcom, Senin.

Gibran tak lawan kotak kosong?

Jika Bajo mendaftar pada September nanti dan lolos persyaratan, maka pasangan bakal calon Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa tidak akan melawan kotak kosong. Lalu aksi bagaimana nasib gerakan pendukung kotak kosong?

Salah satu penggerak kotak kosong, Zen Zulkarnaen, mengatakan masih belum memastikan langkah selanjutnya. Dia akan melakukan konsolidasi dengan penggerak lain.

"Nanti kita konsolidasikan dengan kawan-kawan terlebih dahulu. Kemungkinan kita tetap mengkampanyekan gerakan moral," ujarnya.

Seperti diberitakan, Bajo pada penyerahan berkas pertama telah membawa 41.425 berkas dukungan. Setelah melalui verifikasi administrasi dan faktual, hanya ada 28.765 berkas yang memenuhi syarat.

Artinya berkas mereka masih kurang 7.241 untuk memenuhi syarat. Selanjutnya, sesuai regulasi mereka harus mengumpulkan berkas perbaikan sebanyak dua kali lipatnya atau 14.482 berkas.

Pada pengumpulan berkas perbaikan, Bajo mengumpulkan sekitar 21 ribu berkas. Dari jumlah tersebut ada 10 ribu berkas perbaikan yang memenuhi syarat.

Dengan tambahan 10 ribu berkas tersebut, bisa diartikan bahwa mereka memenuhi syarat untuk mendaftar Pilkada Solo. Total mereka telah mengantongi sekitar 38 ribu berkas dukungan, melebihi syarat dukungan yang ditentukan, yakni 35.870 berkas.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]