Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Amping Parak Luncurkan Logo Pelindung Mangrove


Selasa, 18 Agustus 2020 - 10:29:41 WIB
Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Amping Parak Luncurkan Logo Pelindung Mangrove Logo Laskar Pelindung Mangrove Amping Parak

HARIANHALUAN.COM - Prihatin melihat pantai yang gersang dan kerbau bergerombolan hilir mudik di tanah pasir nan tandus, sekelompok pemuda peduli lingkungan Amping Paran meluncurkan logo pelindung Mangrove baru. Hal itu dikemukakan oleh Ketua Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Amping Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Haridman.

Dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Selasa (18/7), ia mengatakan pelucurkan logo tersebut diharapkan agar dapat memotivasi para pemuda-pemudi agar lebih peduli terhadap lingkungan. "Dengan peluncuran Logo Pelindung Mangrove baru tersebut akan mampu meningkatkan motivasi para pemuda peduli lingkungan melakukan kegiatan konservasi mangrove di kawasan ini," katanya.

Baca Juga : Kasus Dugaan Pencemaran Perusahaan Sawit PT IIS, Warga Tunggu Hasil Labor Diumumkan

Haridman menjelaskan, Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Amping Parak lahir beberapa tahun silam. Selain prihatin melihat pantai yang gersang dan ratusan telur penyu dijarah untuk kemudian dikomersilkan membuat Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Amping Parak dibuat.

"Telur penyu diambil sementara itu, jika tak segera diantisipasi maka penyu akan menjadi sangat langka akibat tak sempat berkembang biak," tuturnya.

Baca Juga : Duh, Pemukiman Penduduk Hingga Bandara Masuk Kawasan Hutan Lindung

"Entah apa yang terbesit dari pikiran sekelompok anak muda Nagari Ampiang Parak, lambat-lambat mulailah ditanam cemara, mangrove dengan usaha yang sangat keras, dan juga beban emosi yang sarat," lanjutnya.

Walaupun sempat patah asa, tetapi karena kompak dan saling menguatkan dan memberikan spirit akhirnya kelompok itu hingga hari ini tetap eksis. Kini, usaha tersebut membuahkan hasil, spirit menjalar ke banyak zona. Haridman menyebutkan panjang garis pantai 243 KM butuh sentuhan, semoga akan lahir laskar-laskar lain di Bumi Pesisir Selatan.

Baca Juga : Duh, Lima Kecamatan di Kota Tangerang, Provinsi Banten Masih Dilanda Banjir

"Ya, kami sadar bahwa lingkungan harus dipelihara secara berkelanjutan. Namun langkah itu mesti mendapat dukungan dari berbagai pihak. Meski dihadapkan dengan berbagai tantangan, kami tetap bekerja memelihara lingkungan," tegasnya. (*)
 

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Nova Anggraini | Sumber : Website Pemkab Pessel
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]