MPC PP Sawahlunto Bantu Perbaikan Makam Pahlawan di Kubang Tangah


Selasa, 18 Agustus 2020 - 11:41:44 WIB
MPC PP Sawahlunto Bantu Perbaikan Makam Pahlawan di Kubang Tangah Ketua MPC PP Kota Sawahlunto, Renaldi Syahputra menyerahkan bantuan sebesar Rp2 juta untuk pembenahan makam pahlawan kemerdekaan di Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto, Senin (17/8).

HARIANHALUAN.COM - Miris, Majelis Perwakilan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kota Sawahlunto yang diketuai Renaldi Syahputra prihatin dengan kondisi makam pahlawan di Kota Arang ini. Betapa tidak, dari empat lokasi makam pahlawan yang dikunjungi, tiga diantaranya terlihat tidak terawat.

"Jujur, kita sedih saat melihat kondisi makam para pahlawan perjuangan kemerdekaan yang dipenuhi semak belukar dan terkesan tidak terawat," ujar Renaldi disela-sela kegiatan ziarah dan tabur bunga keempat makam pahlawan kemerdekaan di Kota Arang Sawahlunto usai upacara pengibaran bendera merah putih memperingati HUT RI ke-75, Senin (17/8).

Melihat kondisi ini, Renaldi mengimbau seluruh jajaran Pemuda Pancasila untuk menyuarakan keprihatinan ini kepada pemerintah desa dan dinas terkait agar bisa sesegera mungkin membenahi makam para pejuang bangsa yang tak terawat tersebut. 

"Seharusnya pemerintah daerah bisa lebih memperhatikan makam para pejuang bangsa kita ini. Jangan dibiarkan rusak dan dipenuhi semak belukar seperti ini. Bagaimanapun, kita harus menghargai jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaaan bangsa ini dari tangan penjajah," ungkap Renaldi lirih.

Hal senada juga disuarakan oleh Redi Ismed, selaku Wakil Ketua I MPC PP Sawahlunto. Redi merasa miris saat melihat salah satu makam di samping makam pahlawan Nasional Kapten Amir Kamin Dt Rajo Nan Sati Suku Panai di Desa Kubang Tangah yang tak terurus tersebut. Spontan, mewakili Ketua MPC PP Sawahlunto, Redi merogoh sakunya untuk memperbaiki makam pahlawan di Desa Kubang Tangah ini. 

Bantuan langsung diserahkan Ketua MC PP swhlunto Renaldi kepada kepala Desa Kubang Tangah Rice Ricardo.

Rice, selaku Kepala Pemerintahan Desa mengatakan akan berupaya ke depannya untuk membangun makam para pahlawan yang terdapat di Desa Kubang Tangah.

Rice juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan MPC PP Kota Sawahlunto yang sangat peduli terhadap makam-makam para Pahlawan dan peninggalan sejarah serta memiliki jiwa nasionalisme dan cinta tanah air yang tinggi. "Kami atas nama perangkat desa mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan oleh MPC PP Swahlunto ini untuk perbaikan makam pahlwan di desa Kubang Tangah," pungkasnya. (*)

Reporter : Heldi Satria /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]