Mudah Iri Hati dan Emosional? Coba Deh Lakukan Hal Ini Agar Sembuh dari Penyakit Jiwa


Selasa, 18 Agustus 2020 - 14:01:28 WIB
Mudah Iri Hati dan Emosional? Coba Deh Lakukan Hal Ini Agar Sembuh dari Penyakit Jiwa Ilustrasi orang sedang malas. Foto: U-Report

HARIANHALUAN.COM - Tak semua orang bisa menerima kebahagiaan yang diperoleh orang lain. Ada yang suka, tapi ada pula yang tidak senang. Inilah yang disebut dengan penyakit jiwa, yang diidentik dengan sifat tercela (al-akhlaq al-mazmumah) seperti sifat tamak, dengki, dan seterusnya. 

Hasan Muhammad as-Syarqawi dalam kitabnya Nahw ‘Ilmiah Nafsi, membagi penyakit jiwa dalam sembilan bagian, yaitu: pamer (riya’), marah (al-ghadhab), malas dan lupa (al-ghaflah wan nisyah), selalu cemas atau was-was (al-was-wasah), frustrasi (al-ya’s), rakus atau tamak (tama’), terperdaya (al-ghurur), sombong (al-ujub), iri hati (al-hasd wal hiqd). 

Beberapa sifat buruk tersebut, ada korelasinya jika dianggap sebagai penyakit jiwa, karena dalam kesehatan mental (mental hygiene) sifat-sifat tersebut merupakan indikasi dari penyakit kejiwaan (psychoses). 

Dalam Islam, untuk menanggulangi penyakit-penyakit kejiwaan adalah dengan terapi iman. Ini dilakukan dengan menambah keimanan seseorang untuk menyadari bahwa hidup di dunia hanyalah sementara dan hanya permainan saja. Sebagaimana Allah berfirman :

"Dan, apabila Kami memberikan nikmat kepada manusia ia berpaling dan menjauhkan diri, tetapi apabila ia ditimpa malapetaka maka ia banyak berdo’a". (Q.S. Fusilat: 51). 

Terapi iman tentu bisa dilakukan siapa saja. Diawali  dengan kemantapan niat akan menggiatkan diri dengan ibadah, rajin membaca Alquran, memperbanyak sholat, sedekah, dan amalan baik lainnya. 

InsyAllah jiwa ini tak pernah hampa atau terganggu, melainkan bahagia, karena yakin Allah bersama kita. Yakinlah bahwa kehidupan setelah di dunia yang fana ini, akan dijanjikan kepastian-NYA dengan kehidupan yang jauh lebih baik. Amin YRA.

“Maka, berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu diberitahukannya kepadamu apa yang telah kamu peraselisihkan”. (Q.S. al-Maidah: 48). (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Sahijab.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]