Tips Agar Laptop Tidak Sering Mati karena Overheating


Selasa, 18 Agustus 2020 - 14:43:09 WIB
Tips Agar Laptop Tidak Sering Mati karena Overheating Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Salah satu penyebab laptop mati sendiri adalah overheat. Overheat (terlalu panas) merupakan keadaan saat laptop mengalami panas berlebihan yang melebihi batasnya. Apabila laptop mengalami overheat, maka bisa dipastikan beberapa komponennya juga akan mengalami kerusakan.

Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar laptop tidak selalu mati karena overheating.

1. Ganti baterai dan chargernya

Saat laptop mengalami kepanasan, otomatis akan berdampak pada kinerja baterai. Hal itulah yang menjadi penyebab baterai laptop cepat habis . Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus menggantinya dengan baterai baru.

2. Bersihkan pendingin laptop

Untuk cara membersihkannya, kalian harus membongkar badan laptop. Setelah itu bersihkanlah kipas yang ada di dalam laptop dengan menggunakan sikat ataupun lap. Jika debunya menghalangi sirkulasi udara kipas, segeralah bersihkan.

3. Jangan paksakan laptop untuk aktivitas berat

Saat laptop digunakan untuk menjalankan game dan program-program berat lainnya, maka ada komponen yang bekerja keras, yakni RAM, VGA, dan Processor. Karena aktivitas ketiga komponen komputer itulah laptop menjadi panas.

4. Melakukan pembaruan pada komponen laptop

Jika beberapa komponen masih memungkinkan penambahan memori, maka lakukanlah pembaruan komponen. Misalnya, jika menggunakan RAM 2GB, cobalah ditambah dengan kapasitas 4GB, dengan catatan laptopnya masih mendukung. Kalian juga bisa menambahkan VGA card untuk membantu kinerja laptop agar lebih optimal.

5. Menggunakan cooling pad

Fungsi cooling pad adalah sebagai alat bantu untuk mendinginkan laptop. Meskipun begitu, kalian tetap harus menjaga alat ini dari berbagai macam debu. Pastikan juga sering dibersihkan agar tidak ada kotoran yang menempel pada laptop.

6. Gunakan laptop seperlunya

Sama halnya dengan barang-barang elektronik lainnya, laptop tidak boleh digunakan berlebihan. Dengan menggunakan laptop seperlunya saja, hal ini memberikan kesempatan pada komponen-komponen untuk melakukan pendinginan. Dengan ritme yang sama, maka beberapa perangkat elektroniknya akan selalu stabil sehingga kemungkinan terjadinya laptop mati mendadak sangatlah kecil. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Haluan Media Group
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]