Agar Tak Mahal, Pemerintah Segera Atur Tarif Tes Swab Mandiri untuk Publik


Selasa, 18 Agustus 2020 - 17:10:58 WIB
Agar Tak Mahal, Pemerintah Segera Atur Tarif Tes Swab Mandiri untuk Publik Wiku Adisasmito

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah dikabarkan akan mengatur harga tes swab mandiri agar masyarakat tidak terbebani dengan harga tes yang terlalu tinggi. Tapi untuk pasien yang melakukan tes swab di fasilitas kesehatan rujukan pemerintah tak dikenakan biaya atau gratis.

"Untuk masyarakat yang melakukan tes secara mandiri di fasilitas kesehatan swasta kami juga akan segera melakukan pengaturan terhadap harga agar tidak terlalu tinggi sehingga menyebabkan keberatan dari anggota masyarakat untuk melakukan tes swab tersebut," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/8/2020).

Baca Juga : Menantu Nurhadi Dituntut 11 Tahun Penjara dalam Kasus Suap-Gratifikasi

Selain itu, tes swab juga gratis apabila terkait dengan pelacakan kontak penularan virus Corona. Pemerintah akan menanggung biaya tes swab tersebut.

"Jadi tes swab pada prinsipnya apabila untuk pasien dan dilakukan di fasilitas kesehatan rujukan pemerintah maka tes swab tersebut adalah gratis, demikian juga dalam konteks contact tracing apabila dilakukan testing terhadap swabnya adalah menjadi tanggung jawab pemerintah," ujar Wiku.

Baca Juga : BLT UMKM Rp2,4 Juta Cair Bulan Ini, Simak Cara dan Syarat Mendapatkannya

Wiku juga menjawab pertanyaan mengenai wacana penghapusan rapid test bagi pelaku perjalanan. Menurut Wiku, pemerintah saat ini sedang melakukan kajian mengenai hal tersebut dan hasilnya segera disampaikan ke publik.

"Kami perlu sampaikan Satgas COVID-19 sedang melakukan kajian terhadap opsi-opsi yang terbaik untuk pelaku perjalanan dalam rangka untuk menghindari penularan dari satu daerah ke darah lainnya, dan tentunya apabila sudah terjadi dan selesai kajiannya akan kita sampaikan kepada masyarakat luas," imbuh Wiku. (*)

Baca Juga : Bersyukur Lampiran Perpres Miras Dicabut, Yusuf Mansyur: Alhamdulillah Doa Kita Dikabulkan Allah SWT

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : detik.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]