KPU Sumbar Mulai Sosialisasikan Pendaftaran Paslon Cagub dan Cawagub


Selasa, 18 Agustus 2020 - 18:25:18 WIB
KPU Sumbar Mulai Sosialisasikan Pendaftaran Paslon Cagub dan Cawagub Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbar Izwaryani

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menggelar sosialisasi terkait pendaftaran pasangan calon pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2020. Sosialisasi dengan pemateri duo Komisioner KPU Sumbar Izwaryani dan Yanuk Sri Mulyani itu digelar di Grand Inna Muara Hotel, Padang, Selasa (18/8).

Dalam penyampaian materi, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbar Izwaryani memyampaikan tahapan dan waktu pelaksanaan dari pendaftaran ke KPU, pengumuman hingga mengundurkan nomor urut para pasangan calon.

Baca Juga : Tindak Pidana Pilkada, Kadis PMD dan Lima Kades Masuk Penjara

"Berdasarkan PKPU No. 5 tahun 2020 pengumuman pendaftaran calon akan dilakukan pada 28 Agustus hingga 3 September nantinya," ujar Irwaryani," Selasa (18/8/2020).

Ditambahaknnya, pendaftaran paslon dan verifikasi syarat pencalona dilaksanakan pada 4-6 September dan untuk pengumuman dokumen pasangan calon dan dokumen calon di laman KPU untuk memperoleh tanggapan dan masukan masyarakat pada 4 hingga 8 September 2020.

Baca Juga : Sidang Pembuktian Gugatan Pilgub Kabupaten Solok Selesai, Diputuskan pada Maret

"Masih dibulan September 2020, pada tanggal 4-8 akan dilakukan tahapan berupa tanggapan dan masukan masyarakat. Kemudian pemeriksaan kesehatan pada tanggal 4-11 dan hasil pemeriksaan kesehatan pada 11-12," terangnya.

Verifikasi syarat calon, kata dia, dilaksanakan pada 6-12, pemberitahuan hasil verifikasi diumumkan pada tanggal 13-14 dan penyerahan dokumen perbaikan syarat calon pada 14–16 september 2020.

Baca Juga : Pelantikan Kepala Daerah, Segeralah Tunaikan Janji-janji Politik!

Masih kata Irwaryani, dalam bulan September 2020 ini, tepatnya pada tanggal 14 sampai 22, akan akan diumumkan dokumen perbaikan syarat calon di laman KPU diterbitkan pada tanggal 14 sampai 22, verifikasi dokumen perbaikan syarat calon pada tanggal 16 sampai 22, penetapan pasangan calon pada tanggal 23 dan pengundian dan pengumuman nomor urut pada 24 September 2020.

Kemudian Irwaryani juga menjelaskan terkait syarat pencalonan, pendaftaran, syarat calon, perpanjangn pendaftaran, verifikasi dan klarifikasi, dimana KPU Sumbar atau kabupaten kota wajib menetapkan yang benar memenuhi persyaratan pencalonan maupun syarat calon. Pemberlakuan pemilih dengan satu paslon ditetapkan KPU apabila telah melaksankan satu kali masa pembukaan kembali pendaftaran dan hanya 1 paslon memenuhi syarat.

Baca Juga : Sutan Riska, Bupati Dharmasraya Termuda dan Juga Seorang Raja

"Kemudian yang diperhatikan paslon yakni ijazah, keterangan pengadilan, SKCK dari kepolisian, keterangan pajak, KPK dan lainnya. Selanjutnya pendaftaran dibuka selama tiga hari. Dua hari pertama pada jam kerja pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, hari terakhir pendaftaran pukul 08.00 hingga 24.00 WIB," tandasnya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]