KPU Bukittinggi Sosialisasikan Pendaftaran Paslon Pilkada 2020


Selasa, 18 Agustus 2020 - 19:45:13 WIB
KPU Bukittinggi Sosialisasikan Pendaftaran Paslon Pilkada 2020 KPU Bukittinggi menggelar sosialisasi pendaftaran pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota di Rocky Hotel Bukittinggi, Selasa 18 Agustus 2020.

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bukittinggi menggelar sosialisasi pendaftaran pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada)   2020 di Rocky Hotel Bukittinggi, Selasa 18 Agustus 2020.

Kegiatan sosialisasi yang dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Bukittinggi, Heldo Aura, di ikuti oleh unsur Bawaslu, Kesbangpol, tim pasangan calon, perwakilan partai politik, dan media massa. Juga turut hadir Sekretaris KPU beserta jajaran komisioner lainnya.

Baca Juga : Tindak Pidana Pilkada, Kadis PMD dan Lima Kades Masuk Penjara

Ketua KPU Bukittinggi Heldo Aura mengatakan, sosialisasi yang dilaksanakan merupakan salah satu tahapan lanjutan pemilihan kepala derah (Pilkada)  2020. Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggara  pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati,  Walikota dan Wakil Walikota 2020.

Kegiatan sosialisasi juga didasari Peraturan KPU Nomor 1 tahun  2020 tentang pencalonan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, serta Perturan KPU Nomor 6 tahun 2020 tentang Pilkada serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid-19. Sosialisasi yang dilasanakan  sangat penting agar semua pihak dan pemangku kepentingan,  terutama partai politik  dapat memahami beberapa aturan dan persyaratan administrasi pencalonan pasangan calon.

Baca Juga : Sidang Pembuktian Gugatan Pilgub Kabupaten Solok Selesai, Diputuskan pada Maret

Pada Pilkada tahun ini kata Heldo, prosedur dan tata cara pendaftaran  berbeda dengan Pilkada sebelumnya karena adanya bencana non alam  pendemi Covid 19. Dengan demikian, berbagai prosedur penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19 akan diterapkan secara ketat, termasuk dalam proses pendaftaran.

Sebagai salah satu contoh, nantinya dalam proses pendaftaran ke KPU, yang mendaftar  adalah  partai politik yang bersangkutan, seperti pengurus parpol beserta dengan bakal pasangan calon, atau dari bakal pasangan  calon perseorangan beserta tim pasangannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerumunan.

Baca Juga : Pelantikan Kepala Daerah, Segeralah Tunaikan Janji-janji Politik!

“KPU minta untuk tidak melibatkan simpatisan dan partisan dalam proses pendaftaran guna  menghindari kerumunan. Hal ini penting dilakukan karna untuk  memutus mata rantai penyebaran Covid 19  adalah tanggung jawab kita semua termasuk kita di KPU," ujar Heldo.

Ia menambahkan,  proses pendaftaran pasangan bakal calon akan dimulai  pada 4-6 September 2020. KPU berharap   seluruh pasangan calon beserta tim  yang akan mendaftar di KPU, untuk dapat memaksimalkan waktu yang telah ditetapkan tersebut. “Saat KPU membuka pendaftaran bagi pasangan calon kepala daerah nantinya, kita harapkan pasangan calon dan partai politik pengusung sudah siap dengan persyaratannya,  baik itu syarat pencalonan maupun syarat calon,” tukas Heldo.

Baca Juga : Sutan Riska, Bupati Dharmasraya Termuda dan Juga Seorang Raja

Sementara itu Ketua Devisi Teknis Penyelenggara KPU Bukittinggi, Yasrul, dalam sosialisasi itu menyampaikan tentang tahapan pendaftaran, syarat pencalonan, pendaftaran, syarat calon, perpanjangan pendaftaran, verifikasi dan klarifikasi dokumen syarat calon, penetapan, dan pengundian nomor urut.

Sesuai PKPU Nomor 5 tahun 2020 ujarnya, pengumuman pendataran pasangan calon ( Paslon) dimulai pada 28 Agustus sampai 3 Sepetember 2020. Pendaftaran Paslon dan Verifikasi Syarat Pencalonan pada 4-6 September, serta Verifikasi Syarat Calon pada 6-12 September.

“Untuk penetapan Paslon akan dilakukan pada 23 September. Pengundian dan pengumuman nomor urut Paslon pada 24 september 2020. Pendaftaran Paslon dilakukan selama tiga hari. Untuk hari pertama dan kedua pendaftran dilaksanakan sampai dengan pukul 16.00 WIB. Sedangkan   hari ketiga atau hari terakhir pendaftaran, dilaksanakan sampai pukul 24.00 wib,” ungkap Yasrul. (*)

 

Reporter : Gatot | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]