Adaptasi Kebiasaan Baru, Pembelajaran Unes-AAI Padang Andalkan Aplikasi Kelas Digital


Rabu, 19 Agustus 2020 - 09:21:18 WIB
Adaptasi Kebiasaan Baru, Pembelajaran Unes-AAI Padang Andalkan Aplikasi Kelas Digital Telekonferensi pers via zoom, yang digelar Unes-AAI Padang untuk memperkenalkan penggunaan aplikasi Kelas Digital untuk menunjang perkulihan di tengah pandemi Covid-19, Rabu (19/08/2020). istimewa

HARIANHALUAN.COM — Proses pendidikan tinggi di tengah pandemi Covid-19 terus berusaha memaksimalkan sarana digital. Sebagaimana ditempuh oleh Universitas Ekasakti-Akademi Akuntansi Indonesia (Unes-AAI Padang), yang pada pembukaan tahun akademik (TA) 2020-2021 ini resmi meluncurkan aplikasi “kelas digital” untuk menunjang perkuliahan daring. 

Rektor Unes-AAI Padang, Dr. Otong Rosadi, SH, M.Hum secara virtual di hadapan wartawan menyebutkan, meski pandemi masih berlangsung, tak lantas perkuliahan terganggu sepenuhnya. Pemanfaatan aplikasi Kelas Digital sendiri menjadi opsi paling baik untuk dimaksimalkan.

Baca Juga : Wikan Sakarinto: Sekolah Akademik dan Vokasi Sama Baiknya Asal Sesuai Passion

"Aplikasi Kelas Digital kita pakai agar perkuliahan tetap berjalan. Bahkan dengan lebih simpel, fleksibel, dan mandiri. Dengan kelas digital, para mahasiswa diharapkan tetap maksimal melahap setiap materi perkuliahan dari para pengajar atau dosen-dosen kita," sebut Dr. Otong Rosadi, didampingi Direktur AAI Padang Richardo, serta para wakil rektor, Rabu (19/8/2020).

Dengan menggunakan aplikasi Kelas Digital, kata Dr. Otong lagi, setiap mahasiswa dan dosen tetap melakukan seluruh proses perkuliahan mulai dari pembelajaran, proses bimbingan, bahkan hingga proses ujian dan ujian akhir. 

Baca Juga : Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik ATI Padang Melalui Jarvis Prestasi Dibuka Sampai 31 Maret, Ini Syaratnya

“Seluruh aktivitas dalam pendidikan tinggi ini tetap akan berlangsung dalam suasana yang baru, di tengah adaptasi kebiasaan baru. Penggunaan aplikasi sederhana ini kami rasa juga tidak akan menyedot kuota terlalu banyak. Sebab, platformnya mempunyai tagline Ilmu dalam Genggaman," tutur Otong lagi.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Padang yang menaungi Unes-AAI Henry Mappesona SE, M.Sc mengatakan, aplikasi mobile berbasis android yang disebut sebagai kelas digital memang akan diterapkan mulai tahun ajaran 2020/2021 dan diluncurkan agar proses perkuliah berjalan sesuai dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru.

Baca Juga : Inspiring Webinar, Telkomsel Dorong Pertumbuhan Digipreneur Mahasiswa dan Pelajar di Sumatra 

"Dengan demikian ke depan, mahasiswa akan belajar jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi mobile berbasis android. Aplikasi ini digunakan karena dampak Covid-19 membuat tatanan masyarakat dunia berubah. Perubahan ini bisa dikatakan cukup signifikan," kata Henry lagi.

Aplikasi kelas digital, sebutnya lagi, telah dibangun sejak dua tahun lalu dan rencananya akan digunakan tahun ajaran 2021/2020 mendatang. Namun karena pandemi Covid-19, aplikasi mobil berbasis android ini segera digunakan pada tahun ini. "Kelas digital ini kami terapkan untuk seluruh prodi di fakultas yang ada," ujarnya menutup. (*)

Baca Juga : Wikan Sakarinto: Utamakan Passion Anak, Jangan Persoalkan S1 dan D4

 

Reporter : Juli Ishaq Putra | Editor : Dodi
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]