Momen 75 Tahun Kemerdekaan RI, Balon Wabup Pasaman Sabar AS 'Tebar' Aneka Janji


Rabu, 19 Agustus 2020 - 14:00:25 WIB
Momen 75 Tahun Kemerdekaan RI, Balon Wabup Pasaman Sabar AS 'Tebar' Aneka Janji Legislator Sumbar, sekaligus Balon Wabup Pasaman, Sabar AS dikerumuni para kaum millenial saat berkunjung merayakan HUT RI ke-75, di Sontang, Padanggelugur.

HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, sekaligus bakal calon (Balon) Wakil Bupati Pasaman untuk Pilkada 2020 mendatang, Sabar AS menyatakan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan di usia 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, di daerah itu. 

Upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat, katanya, sejauh ini baru sebatas angan dan cita-cita belaka. Meskipun ada, program pembangunan belum menyentuh pokok persoalan sebenarnya. Akibatnya, pemerataan kesejahteraan, masih jauh dari harapan. 

Baca Juga : Diduga Langgar Kode Etik Pemilu 2020, KPU dan Bawaslu Sijunjung Disidang DKPP 

"Selama 75 tahun Indonesia merdeka, masih terjadi kesenjangan masyarakat dan itu sangat besar. Penduduk miskin terus bertambah. Apalagi di saat pandemi Covid-19 ini masih melanda, jelas, angka itu diprediksi semakin besar pula," ujar Sabar AS, mengawali pembicaraan dengan harianhaluan.com, Rabu (19/8/2020).

Ia menyebut tantangan perjuangan kali ini yakni mengisi kemerdekaan dengan karya produktif untuk mewujudkan Pasaman yang maju dan sejahtera. Apalagi di tengah pandemi, keterbataan yang dimiliki harus jadi motivasi untuk bangkit.

Baca Juga : Tindak Pidana Pilkada, Kadis PMD dan Lima Kades Masuk Penjara

"Jika diamanahi memimpin kabupaten tercinta ini nanti bersama Pak Benny Utama, memeratakan kesejahteraan masyarakat daerah terpencil, akan menjadi prioritas utama kita ke depan," tukas bakal pasangan Benny Utama ini.

Selain itu, kata dia, pihaknya akan menciptakan pendidikan yang layak dan berkualitas. Sesuai dengan tujuan utama pendidikan di negara ini yakni menciptakan SDM yang unggul. Pemerataan pendidikan, juga harus jadi prioritas. 

Baca Juga : Sidang Pembuktian Gugatan Pilgub Kabupaten Solok Selesai, Diputuskan pada Maret

"Sekolah-sekolah di Pasaman harus lebih maju dan tidak boleh ada lagi sekolah yang tidak belajar karena tidak ada guru. Utamanya di daerah terpencil. Kualitas guru juga harus diperbaiki. Sebab, guru berkualitas akan membangun semangat belajar para peserta didik. Demikian pula di sektor kesehatan," katanya. 

Di Pasaman, lanjut Sabar, indek pembangunan manusia (IPM) di sektor kesehatan, pendidikan dan ekonomi masih terbilang rendah. Oleh karena itu, kata dia, perlu dikejar, namun harus dibarengi pula dengan income masyarakat harus meningkat.

Baca Juga : Pelantikan Kepala Daerah, Segeralah Tunaikan Janji-janji Politik!

"Ini perlu keterpaduan dari berbagai sektor dan elemen guna peningkatan kesejahteraan masyarakat ke depan. Income masyarakat meningkat, harus dengan cara mendayagunakan segala potensi yang ada. Membangun daerah perlu kebersamaan," katanya. 

Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman yang sudah mendapat rekomendasi dari lima partai besar untuk Pilkada 9 Desember 2020 nanti, menjanjikan hadirnya pemimpin yang peduli dan melayani bagi seluruh lapisan masyarakat di daerah itu. Pasalnya, sosok pemimpin yang peduli dan melayani adalah sebuah keharusan. 

"Masyarakat sangat memiliki kerinduan pada pemimpin yang mendorong kebersamaan, semangat persatuan dan gotong royong. Apalagi di tengah pandemi yang terasa dampaknya saat ini," katanya.

Hari kemerdekaan, menurut politisi Partai Demokrat ini harus jadi ruang introspeksi diri bagi semua pihak, terkhusus bagi dirinya pribadi, sehingga bisa semakin giat bekerja mempersembahkan karya terbaik buat masyarakat Pasaman dan bangsa Indonesia.
 
"Untuk itu, Pasaman ke depan perlu pembenahan dari berbagai sektor. Perlu adanya konsepsi keadilan untuk mengurangi adanya ketimpangan pembangunan. Faktanya, beberapa kecamatan dan nagari di Pasaman masih jauh tertinggal, terpencil dan terisolir," tutup Sabar. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Nova Anggraini
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]