Bakal Seru, 96 Desa di Inhil Riau Besiap Helat Pilkades


Rabu, 19 Agustus 2020 - 15:27:15 WIB
Bakal Seru, 96 Desa di Inhil Riau Besiap Helat Pilkades Ilustrasi (Antara)

HARIANHALUAN.COM–Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)  bakal dilaksana pada  96 desa di Kabupaten Inderagiri Hilir (Inhil), Riau tahun depan.

Perhelatan yang digelar setiap 6 tahun ini tentu harus memiliki persiapan yang matang baik dari segi kepanitiaan dan juga terhadap bakal calon kepala desa yang akan mengikuti kompetisi.

Baca Juga : Maling Ikan Diperairan Kepri, 10 Kapal Asing Ditenggelamkan

Khusus untuk panitia harus siap menjaring bakal calon untuk mengikuti Pilkades yang akan digelar, dan untuk bakal calon harus siap mengikuti tahapan yang telah ditetapkan oleh panitia seperti Uji Kompetensi.

Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Inhil, Muamar Armain saat dikonfirmasi menyebutkan Uji Kompetensi pada Pilkades tahun 2021 semakin ketat karena memiliki peningkatan aturan yang dinilai semakin selektif dalam menjaring balon kades.

Baca Juga : Diterjang Angin Puting Beliung, 5 Unit Rumah Rusak di Agam

“Kalau dulu lebih dari 5 balon baru uji kompetensi agar ada yang gugur, kalau sekarang beda berapa saja balon mendaftar harus uji kompetensi terlebih dahulu, setelah lulus baru dinyatakan calon,” ucap Muamar Armain, Selasa (18/8/2020).

Muamar menggambarkan, jika balon Kades ada 3 orang semuanya sudah mengikuti uji kompetensi ternyata tidak ada yang lulus maka pihak panitia diwajibkan membuka kembali penjaringan, dan apabila sudah ditemukan maka tetap dilakukan uji kompetensi kembali guna menentukan kelayakan menjadi calon.

Baca Juga : Warga Temukan Potongan Tubuh Marlena Lahagu di Sungai, Diduga Korban Keganasan Buaya

“Jika balon kades ada 3 orang dan ternyata semua tidak lulus uji kompetensi maka semua dinyatakan gugur kemudian dibuka lagi penjaringan lalu diuji lagi sampai ada yang lulus menjadi calon. Apabila hanya ada satu calon yang lulus, pihak panitia dipersilahkan membuka penjaringan sampai tahap 3. Jika tahap 3  tidak ada yang mendaftar kompetisi tetap jalan dan Calon tersebut melawan kotak kosong sama seperti pelaksanaan pilkada,” ujarnya.

Muamar menambahkan, pelaksanaan uji kompetensi juga diwacanakan akan lebih luas karena ada 5 bidang yang akan dijadikan bahan untuk menguji para bakal calon kepala desa.

Baca Juga : Tindaklanjuti Kasus Aborsi Dua Pasangan Mahasiswa, Polisi Bongkar Makam Janin

“Kalau dulu hanya satu saja yang menjadi pelaksana penguji, ke depan diwacanakan akan dihimpun beberapa bidang sesuai dengan keilmuan yang akan diujikan,” imbuhnya.(*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co (Haluan Media Group)
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]