Tidak Penuhi Panggilan Polda Sumbar, Indra Catri Klaim Punya Hak untuk Tak Hadir


Rabu, 19 Agustus 2020 - 18:00:00 WIB
Tidak Penuhi Panggilan Polda Sumbar, Indra Catri Klaim Punya Hak untuk Tak Hadir Indra Catri

HARIANHALUAN.COM - Bupati Agam, Indra Catri bantah tidak kooperatif terkait pemanggilannya diri oleh Penyidik Polda Sumbar pasca ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pencemaran nama baik ujaran kebencian terhadap anggota DPR RI, Mulyadi.

Bantahan itu disampaikan Indra Catri melalui keterangan tertulisnya yang mengatakan bahwa ketidakhadirannya atas pemanggilan karena alasan yang jelas dan tidak mengada-ada. Dimana pada hari hari pemanggilan oleh penyidik, dirinya juga dipanggil DPP Gerindra ke Jakarta.

Baca Juga : Diduga Langgar Kode Etik Pemilu 2020, KPU dan Bawaslu Sijunjung Disidang DKPP 

"Sebagai warga negara, saya juga memiliki hak untuk diberikan izin untuk menghadiri pemanggilan dengan alasan yang jelas," ujar Indra Catri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/8/2020).

Kedatangannya ke Jakarta, kata dia, adalah untuk memenuhi panggilan DPP Gerindra yang mengusung nya maju sebagai wakil gubernur periode 2020-2024 mendatang dan bertepatan dengan hari pemanggilan oleh penyidik kepolisian.

Baca Juga : Tindak Pidana Pilkada, Kadis PMD dan Lima Kades Masuk Penjara

"Kami menghargai pemanggilan oleh Polda Sumbar dan dinilai mangkir sebagaimana dimuat oleh beberapa media. Namun pada pemanggilan berikutnya saya akan hadir," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Polda Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan Bupati Agam Indra Catri dan Sekretaris Daerah (Sekda) Agam Martias Wanto sebagai tersangka kasus dugaan kebencian dan pencemaran nama baik terhadap anggota DPR RI Mulyadi.

Baca Juga : Sidang Pembuktian Gugatan Pilgub Kabupaten Solok Selesai, Diputuskan pada Maret

Penetapan tersangka itu setelah polisi melakukan gelar perkara pada Jumat, 7 Agustus 2020 di Mapolda Sumbar. Mereka ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan surat penetapan nomor 32/VIII/2020/Ditreskrimsus dan nomor 33/VIII/2020/Ditreskrimsus tanggal 10 Agustus 2020.(*)

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Nova Anggraini
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]