Gandeng GOW, Bawaslu Pasaman Inisiasi Gerakan Perempuan Tolak Politik Uang


Rabu, 19 Agustus 2020 - 18:29:46 WIB
Gandeng GOW, Bawaslu Pasaman Inisiasi Gerakan Perempuan Tolak Politik Uang Bawaslu bersama GOW Pasaman teken MoU gerakan perempuan tolak politik uang di Pilkada 9 Desember 2020.

HARIANHALUAN.COM - Bawaslu Kabupaten Pasaman inisiasi pembentukan gerakan perempuan menolak politik uang untuk Pemilihan Bupati/Wakil Bupati pada 9 Desember 2020. Sejumlah organisasi perempuan di daerah itu akan dilibatkan dalam gerakan tersebut.

Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita MA mengatakan, bahwa perempuan penting ikut dalam aktivitas politik, apalagi ikut mengawasi pemilihan kepala daerah (Pilkada). Jika tidak, kaum perempuan dikhawatirkan tidak akan pernah mencapai keadilan dan kesetaraan gender.

"Itu artinya, perempuan sepenuhnya menyerahkan kebijakan pengambilan keputusan kepada laki-laki yang tidak berperspektif terhadap kepentingan perempuan. Maka, dikhawatirkan perjuangan perempuan untuk mencapai keadilan dan kesetaraan tidak dapat tercapai. Dan, akhirnya perempuan akan termarginalkan," ujar Rini, Rabu (19/8/2020).

Ia berharap, semua kaum perempuan di daerah itu melek politik. Politik, kata dia, bukan hal yang tabu bagi perempuan dewasa ini. Dengan melek politik, perempuan bisa melakukan pengawasan, termasuk menolak politik uang dalam pemilu.

"Saya berharap seluruh perempuan Pasaman untuk melakukan gerakan bersama tolak politik uang," katanya.

Lanjut Rini, gerakan perempuan tolak politik uang diharapkan bisa menjadi gerakan sosial atau gerakan moral ditengah masyarakat. Sehingga hal itu bisa meminimalisir terjadinya politik uang, sebagaimana setiap kali pemilu terlaksana.

"Untuk itu, kita laksanakan kerjasama dengan GOW yang di bawahnya ada beberapa organisasi perempuan," imbuhnya.

Nantinya, kata Rini, organisasi perempuan ini akan dilibatkan dalam deklarasi perempuan anti politik uang. Harapannya, kaum perempuan yang bernaung di bawah GOW, bisa menyampaikan pesan tentang bahayanya pilkada jika dinodai dengan politik uang.

"Nanti akan kita koordinasikan terlebih dahulu dengan pihak terkait, seperti Dinas Kesehatan, dan lain lain terkait protap Covid-19. Karena direncanakan, kita akan melaksanakan jalan sehat setelah deklarasi didengungkan," pungkas Rini. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]