Akhir Tahun, Vaksin Covid-19 Sinopharm Siap Diedarkan, Berapa Harganya?


Rabu, 19 Agustus 2020 - 20:05:13 WIB
Akhir Tahun, Vaksin Covid-19 Sinopharm Siap Diedarkan, Berapa Harganya? Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Saat ini dunia sedang berpacu menciptakan vaksin virus Corona atau Covid-19 untuk menekan jumlah pasien virus mematikan tersebut. Untuk harga vaksin Corona Sinopharm ditaksir 1.000 yuan atau sekitar Rp 2,16 juta untuk dua suntikan.

Chairman Sinopharm Liu Jingzhen mengatakan, vaksin virus corona eksperimental buatan perusahaannya bisa siap untuk publik gunakan pada akhir tahun ini. 

Vaksin virus corona Sinopharm telah memasuki uji klinis tahap akhir atas manusia di Uni Emirat Arab untuk mengumpulkan bukti kemanjuran guna mendapatkan persetujuan akhir.

"(Vaksin) ini tidak akan dihargai terlalu tinggi. Diperkirakan harganya beberapa ratus yuan untuk satu suntikan, dan untuk dua tembakan, harganya harus kurang dari 1.000 yuan," kata Liu kepada Guangming Daily seperti dilansir Reuters melalui Kontan.co.id, Rabu (19/8/2020).

Pemerintah dan produsen obat di seluruh dunia sedang berlomba-lomba untuk mengembangkan vaksin virus corona. Lebih dari 200 kandidat sedang dalam pengembangan, termasuk lebih dari 20 dalam uji klinis terhadap manusia.

Sementara Moderna Inc mengatakan awal bulan ini, volume yang lebih kecil dari vaksin eksperimentalnya mereka beri banderol harga US$ 32-US$ 37 per dosis atau berkisar Rp 480.000-Rp 555.000 per dosis.

Bulan lalu, Pemerintah Amerika Serikat (AS) mencapai kesepakatan untuk vaksin eksperimental yang Pfizer dan mitranya BioNTech SE kembangkan, yang cukup untuk menyuntik 50 juta orang negeri uak Sam, dengan harga sekitar US$ 40 per orang atau sekitar Rp 600.000 per orang.

Hanya, Liu tidak menyebutkan, apakah program asuransi nasional dari Pemerintah China akan menutupi sebagian biaya vaksin untuk konsumen. Atau, apakah itu bisa masuk dalam skema vaksinasi gratis negeri tembok raksasa.

China National Biotec Group (CNBG), unit Sinopharm, telah memindahkan dua strain vaksin menggunakan metode yang sama ke dalam uji coba pada manusia. Pabrik mereka di Wuhan dan Beijing bisa memproduksi lebih dari dua juta dosis setiap tahun. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 September 2020 - 22:04:54 WIB

    Alhamdulillah, Pengadilan Jerman Akhiri Larangan Azan di Masjid Setempat

    Alhamdulillah, Pengadilan Jerman Akhiri Larangan Azan di Masjid Setempat HARIANHALUAN.COM - Masjid di kota barat Munster Jerman akhirnya bisa kembali mengumandangkan suara adzan setelah Pengadilan setempat memberikan izin dengan mengatakan adzan adalah "kebebasan beragama". .
  • Jumat, 11 September 2020 - 08:52:23 WIB

    Akhirnya Trump Ngaku Remehkan Bahaya Virus Corona

    Akhirnya Trump Ngaku Remehkan Bahaya Virus Corona HARIANHALUAN.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui dia sebenarnya tahu bahaya virus Corona sebelum kasus pertama dikonfirmasi di AS. Bahkan ia menyadari COVID-19 bisa menyebar melalui transmisi airborne dan leb.
  • Sabtu, 22 Agustus 2020 - 13:28:46 WIB

    WHO: Krisis Covid-19 akan Berakhir dalam 2 Tahun

    WHO: Krisis Covid-19 akan Berakhir dalam 2 Tahun HARIANHALUAN.COM - Masyarakat di seluruh penjuru dunia berharap pandemi virus Corona atau Covid-19 segera berakhir. Begitu itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menginginkan krisis virus .
  • Kamis, 20 Agustus 2020 - 08:17:42 WIB

    Ramal Akhir Pandemi, Bill Gates Juga Janjikan Vaksin Corona Murah

    Ramal Akhir Pandemi, Bill Gates Juga Janjikan Vaksin Corona Murah HARIANHALUAN.COM - Bill Gates belum berhenti membicarakan soal perkembangan terkini pandemi ataupun vaksin Corona. Berikut beberapa pernyataan terbaru dari sang pendiri Microsoft. Musim Panas Jinakkan Corona.
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 18:14:14 WIB

    Vaksin Covid-19 China Siap Digunakan Akhir 2020, Harganya Berapa ya?

    Vaksin Covid-19 China Siap Digunakan Akhir 2020, Harganya Berapa ya? HARIANHALUAN.COM - Perusahaan vaksin China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) optimistis vaksin Covid-19 akan siap digunakan publik pada akhir 2020. Lantas berapa harganya?.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]