Cuaca Panas, Saatnya Coba 6 Resep Minuman Segar dan Sehat Penghilang Dahaga Berikut


Rabu, 19 Agustus 2020 - 20:08:29 WIB
Cuaca Panas, Saatnya Coba 6 Resep Minuman Segar dan Sehat Penghilang Dahaga Berikut minuman segar dan sehat

HARIANHALUAN.COM - Ketika cuaca panas menyiksa, meneguk minuman segar memang sangat menyegarkan dan mengurangi dahaga kita. Namun, harus hati-hati minuman segar dengan kandungan gula yang banyak dapat merusak gigi dan tubuh kita. Lebih baik kita membuat sendiri beberapa minuman segar yang mengandung buah dan herbal di rumah. 

Minuman segar dengan kandungan buah dan herbal juga memiliki manfaat kesehatan bagi kita. Minuman yang kita buat sendiri juga bisa bertahan hingga beberapa hari di kulkas, tergantung dari bahan yang kita gunakan. 

Buah jeruk, jeruk nipis, lemon, dan mentimun tetap terasa segar dalam beberapa hari, sementara buah beri akan mulai membusuk setelah dua hari. Tambahkan lebih banyak air untuk membuat buah-buahan dan rempah-rempah bekerja lebih baik. 

Namun perlu diingat, buah sitrat seperti jeruk Bali merah dan yuzu akan terasa pahit bila dibiarkan terlalu lama di dalam air. Berikut ini enam resep membuat minuman segar di rumah. 

1. Jeruk blueberry 

Jeruk memiliki vitamin C, serat, dan nutrisi penting lainnya. Sedangkan blueberry adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang baik. 

Pertama , siapkan dua jeruk mandarin yang sudah dibuang kulitnya, bersama 10-15 buah blueberry. Kupas dan potong dua jeruk mandarin menjadi irisan. Kemudian peras jeruk mandarin secukupnya. 
Campurkan jeruk dan blueberry ke dalam perasan jeruk mandarin, lalu dinginkan setidaknya empat jam. 

2. Mentimun mint 

Mentimun mengandung antioksidan termasuk flavonoid dan tanin yang melawan radikal bebas. Daun mint memberikan dukungan lebih pada sistem kekebalan tubuh kita, karena merupakan sumber vitamin A dan antioksidan. 

Mulailah dengan satu mentimun yang diiris tipis. Kemudian, hancurkan delapan daun mint dan tambahkan dengan air. Masukkan mentimun dan daun mint ke dalam air dan aduk perlahan, kemudian simpan di dalam lemari es setidaknya selama empat jam. 

3. Semangka basil 

Semangka kaya akan vitamin C dan karotenoid yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara daun kemangi mengandung sifat anti inflamasi dan dapat membantu pencernaan. 

Tambahkan dua semangka yang telah dipotong halus dan dibuang kulitnya bersama 10-15 lembar daun kemangi ke dalam teko berisi air. Simpan di lemari es selama empat jam. 

4. Stroberi lemon 

Buah stroberi dan lemon adalah kombinasi dari vitamin C, B9, B6, dan kalium. Perpaduan keduanya akan menghasilkan rasa segar dan manis, dan kita mungkin bertanya-tanya mengapa kita tidak pernah mencoba membuat minuman ini sebelumnya. 

Potong lima buah stroberi membentuk dadu, tambahkan satu irisan lemon bersama kulitnya ke dalam air. Aduk secara perlahan dan dinginkan selama empat jam atau semalaman. 

5. Ceri jeruk nipis 

Ceri mengandung antioksidan, fitokimia, vitamin C, dan kalium, sedangkan jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan kalium yang baik. 

Siapkan dua ceri yang dipotong menjadi setengah bagian dan buang bijinya, bersama satu buah jeruk nipis segar yang diiris tipis. Tambahkan ceri dan jeruk nipis ke dalam air. Biarkan berada di lemari es setidaknya selama enam jam. 

6. Apel kayu manis 

Apel mengandung antioksidan, vitamin C, dan kalium, sedangkan kayu manis dikenal dengan anti-inflamasi yang membantu tubuh melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan. 

Rasa dan aroma kayu manis luar biasa, terutama jika kamu menyukai aroma manis. Rendam dua batang kayu manis ke dalam botol air dan simpan di dalam lemari es semalaman. Iris satu buah apel, dan tambahkan ke dalam rendaman kayu manis keesokan harinya. Dinginkan setidaknya selama dua jam.

loading...
 Sumber : kompas.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 April 2020 - 13:09:14 WIB

    Ingin Kuat Puasa Saat Cuaca Panas Terik? Ini Triknya

    Ingin Kuat Puasa Saat Cuaca Panas Terik? Ini Triknya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada peningkatan suhu menjadi 34-36 derajat Celsius di sejumlah wilayah di Indonesia. Hal ini menyebabkan suhu udara di awal-awal Ramada.
  • Jumat, 08 Januari 2016 - 02:39:45 WIB

    Menjaga Kulit Tetap Nyaman di Cuaca Ekstrim

    Menjaga Kulit Tetap Nyaman  di Cuaca Ekstrim JAKARTA, HALUAN — Pe­rubahan cuaca di peng­hu­jung tahun, kerap me­nim­bulkan masalah pada kulit karena terjadi perubahan drastis pada kelembaban kulit. Banyaknya aktivitas ditambah udara yang dingin dan kering dapat m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]