Begini Urutan Gejala Covid-19, Diawali dengan Demam hingga Diare


Rabu, 19 Agustus 2020 - 20:51:26 WIB
Begini Urutan Gejala Covid-19, Diawali dengan Demam hingga Diare Ilustrasi batuk. Foto: Freepik/freepik

HARIANHALUAN.COM – Kabar gembira bagi masyarakat di seluruh dunia, karena para peneliti telah menemukan kemungkinan urutan gejala Covid-19. Gejala itu diawali dengan demam, diikuti oleh batuk, nyeri otot, kemudian mual, dan atau muntah serta diare.

Dengan mengetahui urutan gejala virus corona, dapat membantu pasien mendapatkan pengobatan lebih cepat, atau memutuskan segera untuk mengisolasi diri.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Public Health, mengenali urutan gejala juga dapat membantu dokter merencanakan cara merawat pasien, dan memungkinkan mengintervensi penyakit lebih awal.

"Urutan ini sangat penting untuk diketahui ketika kita memiliki siklus penyakit yang tumpang tindih, seperti flu yang bertepatan dengan infeksi COVID-19," kata penulis studi, Peter Kuhn dari University of Southern California di AS, dilansir Times of India melalui Viva.co.id, Rabu 19 Agustus 2020.

"Mengingat bahwa sekarang ada pendekatan yang lebih baik untuk pengobatan COVID-19, mengidentifikasi pasien lebih awal dapat mengurangi waktu rawat inap," kata penulis studi lain, Joseph Larsen.

Demam dan batuk sering dikaitkan dengan berbagai penyakit pernapasan, termasuk Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Tetapi gejala di saluran pencernaan bagian atas dan bawah yang membedakannya dari COVID-19.

"Saluran GI bagian atas (yaitu mual atau muntah) tampaknya terpengaruh sebelum saluran GI bagian bawah (diare) pada COVID-19, yang merupakan kebalikan dari MERS dan SARS," tulis para ilmuwan.

Para penulis mengatakan urutan gejala ini diamati pada lebih dari 55.000 kasus virus corona yang dikonfirmasi di China, yang semuanya dikumpulkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Mereka juga mempelajari kumpulan data hampir 1100 kasus yang dikumpulkan dari 11 Desember 2019 hingga 29 Januari 2020, oleh Kelompok Ahli Perawatan Medis China melalui Komisi Kesehatan Nasional China.

Untuk membandingkan urutan gejala COVID-19 dengan influenza, para peneliti memeriksa data dari 2470 kasus di Amerika Utara, Eropa, dan belahan bumi selatan, yang dilaporkan ke otoritas kesehatan dari tahun 1994 hingga 1998. Menurut para peneliti, urutan gejala itu penting.

"Mengetahui bahwa setiap penyakit berkembang secara berbeda, dengan begitu dokter dapat mengidentifikasi lebih cepat apakah seseorang kemungkinan besar menderita COVID-19, atau penyakit lain, yang dapat membantu mereka membuat keputusan pengobatan yang lebih baik," tutur Larsen. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 11 September 2020 - 11:51:46 WIB

    Ngeri! Begini Efek Samping Vaksin Covid-19 AstraZeneca yang Dirasakan Relawan

    Ngeri! Begini Efek Samping Vaksin Covid-19 AstraZeneca yang Dirasakan Relawan HARIANHALUAN.COM - Uji coba vaksin Corona AstraZeneca yang dipimpin Oxford University terpaksa harus dihentikan, setelah satu dari relawannya di Inggris mengalami efek samping yang mengerikan. Relawan yang tidak disebutkan na.
  • Sabtu, 05 September 2020 - 13:30:43 WIB

    Bersepeda Saat Pandemi Covid-19, Begini Ternyata Triknya

    Bersepeda Saat Pandemi Covid-19, Begini Ternyata Triknya HARIANHALUAN.COM - Bersepeda kini menjadi olahraga yang banyak digandrungi masyarakat apalagi saat pandemi Covid-19, khususnya di Indonesia. Sekalipun memiliki risiko agak rendah tersebut gowes sepeda di tengah pandemi harus .
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 11:58:12 WIB

    Jangan Salah Lagi, Begini Cara Melepas Masker yang Benar

    Jangan Salah Lagi, Begini Cara Melepas Masker yang Benar HARIANHALUAN.COM - Duke University School of Medicine memberikan cara menyimpan masker saat dibutuhkan dan memastikannya tetap steril. Kenapa ini penting, karena banyak yang melepas masker asal-asalan..
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 08:00:39 WIB

    Begini Ternyata Durasi Mandi untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat

    Begini Ternyata Durasi Mandi untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat HARIANHALUAN.COM - Mandi menjadi bagian penting dari kebersihan tubuh. Namun, sebenarnya berapa lama durasi mandi yang tepat untuk menjaga kebersihan tanpa merusak kulit? Ahli dermatologi Melissa Wood menyarankan agar mandi d.
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 09:44:09 WIB

    Komorbid Rentan Terpapar COVID-19, Begini Cara 'Bertahan' Lawan Corona

    Komorbid Rentan Terpapar COVID-19, Begini Cara 'Bertahan' Lawan Corona HARIANHALUAN.COM - Saat pandemi COVID-19, pasien komorbid atau penyakit penyerta lebih rawan terpapar. Pemerintah menyampaikan kasus kematian paling banyak saat pandemi COVID-19 karena disertai penyakit penyerta seperti diabe.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]