Yuk Kenali Perbedaan Tombol Download dan Iklan


Rabu, 19 Agustus 2020 - 22:28:01 WIB
Yuk Kenali Perbedaan Tombol Download dan Iklan Foto: EIKON Technology

HARIANHALUAN.COM - Di era sekarang ini, konten hiburan bisa dengan mudah diakses lewat internet, mulai dari film, lagu, bahkan buku elektronik (e-book). Namun dengan berkembangnya monetisasi melalui internet, website download kerap kali berisi banyak iklan. Bagi mereka yang sudah terbiasa download mungkin akan segera tahu link mana yang seharusnya diklik.

Seperti dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Rabu (19/8/2020), berikut ini cara menghindari iklan saat download dan membedakan mana link iklan dan link download yang sesungguhnya agar tidak terjebak iklan lagi.

1. Hindari Link/Tombol Download yang Mencolok

Sebagai panduan umum, mayoritas situs resmi tidak menggunakan tombol download berukuran besar. Contohnya, kalian bisa menghindari tombol ‘Download’ berwarna hijau besar. Walaupun tidak semua tombol download berwarna hijau adalah palsu.

Tautan download yang asli biasanya digambarkan dalam bentuk teks. Jika kalian klik teks bertuliskan ‘Download’, maka kalian akan mengunduh file yang asli. 

Selain itu, tombol download asli dan palsu sebenarnya bisa dikenali melalui logo AdChoices di sudut kanan atas. AdChoices adalah program pengelola iklan. Jika melihat logo itu, kemungkinan tombol berisi iklan atau unduhan palsu.

Saat menemukan logo AdChoices, klik ikon ‘X’. Setelah itu, laporkan iklan sehingga layanan tahu kalau bentuk iklan ini tidak sesuai.

2. Menguji URL

Sebelum kalian klik tombol/link, coba cek terlebih dulu alamat yang bakal diarahkan oleh link/tombol tersebut. Setiap browser akan menunjukkan sedikit tooltip dengan URL tautan.

Caranya, letakkan posisi mouse pointer pada link (jangan diklik), maka di bagian pojok kiri bawah akan muncul web address yang nantinya dituju oleh link tersebut. Jika kalian tidak melihat nama file yang berhubungan dengan unduhan yang diinginkan di URL, maka itu bukan unduhan asli. Biasanya tautan asli relatif pendek dan memiliki nama berkas atau software di dalamnya. Selain itu, jika tulisan di depan ada kata ads, bisa dipastikan itu link iklan.

Perangkat lunak Windows mayoritas dikemas dalam file EXE atau ZIP. Sedangkan program Mac biasanya memiliki format DMG atau ZIP. Jika kalian ingin terhindar dari unduhan palsu, maka kami sarankan untuk mengunduh file dari situs terpercaya. Misalnya, ingin mengunduh aplikasi, maka download aplikasi dari website resminya. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 28 September 2020 - 21:04:50 WIB

    Ikutan Yuk, Beasiswa untuk Bekal Kamu Jadi Talenta Digital

    Ikutan Yuk, Beasiswa untuk Bekal Kamu Jadi Talenta Digital HARIANHALUAN.COM - Ini peluang menarik untuk kamu yang ingin serius bekerja di industri digital. IBM Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Dicoding Indonesia, mengumumkan program pembelajaran gratis buat kamu yang akan bekerj.
  • Selasa, 15 September 2020 - 00:05:04 WIB

    Yuk Beli! Ini Handphone Murah Cuma Rp1 Jutaan dengan RAM 3 GB 

    Yuk Beli! Ini Handphone Murah Cuma Rp1 Jutaan dengan RAM 3 GB  HARIANHALUAN.COM - Bagi kalian pencari HP murah dengan performa yang masih bisa diandalkan, deretan perangkat ini bisa kamu pilih. Ada rekomendasi mengenai HP murah RAM 3 GB dengan banderol Rp1 jutaan terbaik September 2020. .
  • Kamis, 10 September 2020 - 23:00:51 WIB

    Yuk Simak! Ini Para Jawara e-Commerce di Indonesia

    Yuk Simak! Ini Para Jawara e-Commerce di Indonesia HARIANHALUAN.COM - Tokopedia kini tak lagi jawara e-commerce Indonesia. Posisi ini sudah diambilalih oleh Shopee. Hal ini menunjukkan ketatnya persaingan marketplace untuk menjaring pengguna..
  • Kamis, 03 September 2020 - 12:16:50 WIB

    Mau Hasilkan Uang dari Likee? Yuk Bikin Konten Drama

    Mau Hasilkan Uang dari Likee? Yuk Bikin Konten Drama HARIANHALUAN.COM - Siapa yang hidupnya drama banget? Atau mungkin kamu punya temen yang drama abis? Sebagai makhluk sosial, terkadang kita sering dihadapkan dengan masalah yang membuat hidup kita jadi penuh dengan drama. Bias.
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 07:45:08 WIB

    Mau Tahu Bagaimana Cara WhatsApp Centang Satu Meskipun Kamu Online? Yuk Ikuti Langkahnya

    Mau Tahu Bagaimana Cara WhatsApp Centang Satu Meskipun Kamu Online? Yuk Ikuti Langkahnya HARIANHALUAN.COM - Entah untuk suatu alasan tertentu, terkadang kita ingin menghindari chat WhatsApp seseorang. Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan mematikan centang biru pada pengaturan WhatsApp kita se.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]