Simak, Begini 20 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Wajah dengan Bahan Alami


Kamis, 20 Agustus 2020 - 09:24:37 WIB
Simak, Begini 20 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Wajah dengan Bahan Alami Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pori-pori wajah yang membesar sering kali membuat seseorang tak percaya diri. Namun ternyata ada cara untuk mengatasi dan mengecilkan pori-pori di wajah agar menunjang penampilan. Sebab, besarnya pori-pori wajah ternyata cukup mengganggu layaknya kulit yang berjerawat, berminyak, atau warna kulit yang tidak merata.

Pori-pori di wajah yang terlalu besar juga cenderung membuat wajah jadi mudah terlihat berminyak serta tampilan make up menjadi terlihat tidak mulus. Mungkin hal tersebut sangat sering dialami oleh kaum hawa, dan itulah mengapa cara mengecilkan pori-pori di wajah menjadi hal yang penting dipahami.

Tapi Anda tidak perlu takut mengeluarkan biaya lebih untuk mempraktikkan cara mengecilkan pori-pori di wajah tersebut. Sebab Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan baik di supermarket atau bahkan di pasar tradisional sekalipun.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara mengecilkan pori-pori di wajah yang bisa Anda coba di rumah, Kamis (20/8/2020).

1. Lemon

Cara mengecilkan pori-pori di wajah yang pertama bisa menggunakan buah dari jenis citrus ini. Lemon kaya akan antioksidan dan vitamin C. Selain itu, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang berguna untuk menangkal radikal bebas pada kulit. Anda cukup mengoleskan air perasan lemon pada wajah dan membiarkannya selama 15 menit. Setelah itu jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih.

2. Lidah buaya

Selain menggunakan lemon, Anda juga bisa menggunakan lidah buaya. Bahan alami ini selain mampu mengecilkan pori-pori, juga bisa membantu untuk menyegarkan wajah dan juga mencerahkan kulit wajah.

Cara aplikasinya juga cukup mudah, yaitu dengan mengambil gel lidah buaya yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada kulit wajah Anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

3. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dapat membantu dalam regenerasi kulit. Selain itu, kandungan vitamin A, C, dan E juga berperan aktif sebagai antioksidan serta turut membantu untuk menutrisi dan melembapkan kulit wajah. Pepaya selain menjadi salah satu cara mengecilkan pori-pori di wajah juga membantu dalam membersihkan kotoran serta kulit mati di wajah. Bahkan pepaya juga berguna sebagai tabir surya alami bagi wajah Anda.

Untuk aplikasinya, Anda cukup menghaluskan pepaya lalu oleskan ke wajah sebagai masker. Setelah itu, diamkan selama 30 menit maka pepaya akan bereaksi dan akan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

4. Stroberi

Salah satu kandungan yang baik dalam buah stroberi yaitu ellagic. Kandungan tersebut sangat bagus untuk menghilangkan kotoran dan menyingkirkan kulit mati pada wajah, yang pada akhirnya mampu membuat pori-pori mengecil.

Untuk mempraktikkan cara mengecilkan pori-pori di wajah ini, Anda cukup menghaluskan stroberi lalu campurkan dengan susu hingga mengental, setelah itu oleskan ke wajah dan gunakan sebagai masker.

5. Avokad

Avokad sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput serta tanda penuaan dini. Hal ini tidak terlepas dari avokad yang banyak mengandung karotenoid antioksidan, vitamin E, dan vitamin C. Adanya berbagai senyawa tersebut berguna untuk mencegah penuaan dini akibat paparan sinar matahari. Sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen kulit tetap kenyal.

Cara penggunaannya cukup dengan menghaluskan satu buah avokad, lalu gunakan sebagai masker wajah dan diamkan 30 menit sebelum dibilas bersih.

6. Tomat

Tomat juga memiliki senyawa antioksidan, yaitu lycopine. Senyawa tersebut terbukti ampuh untuk menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk dan membuat pori-pori wajah mengecil. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara pemakaiannya dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur, lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

7. Mentimun

Mentimun kaya mineral dan vitamin penting agar kesegaran wajah terjaga. Cara mengecilkan pori-pori di wajah secara alami dengan mentimun yaitu dengan mengiris mentimun tipis-tipis, lalu tempelkan pada seluruh wajah. Anda bisa diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Selain itu, Anda juga bisa memarut mentimun lalu ambil airnya dan oleskan ke wajah dengan menggunakan kapas.

8. Kentang

Kentang memiliki kandungan mineral yang berguna sebagai antibiotik alami untuk mencegah penuaan dini pada wajah. Selain itu, kentang juga mampu membantu regenerasi kulit serta menyingkirkan sel kulit mati pada wajah sehingga pori-pori dapat mengecil. Antioksidan alami pada kentang juga memiliki peran penting agar noda atau flek pada wajah dapat tersamarkan dan hilang sempurna.

Cara penggunaannya dengan menumbuk halus kentang yang sudah direbus. Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta dan oleskan pada wajah. Diamkan 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

9. Bengkoang

Tidak hanya berguna sebagai pemutih wajah, bengkoang juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori di wajah. Hal ini karena bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang ampuh membersihkan sel kulit mati di wajah. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu dengan memarut bengkoang dan peras dengan menggunakan air. Gunakan sari bengkoang sebagai masker wajah alami.

10. Lobak putih

Tidak hanya sebagai sebagai bahan dapur saja, lobak putih juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori di wajah secara alami. Lobak putih memiliki Kandungan seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor, dan zinc. Berbagai bahan almi tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

11. Putih telur

Putih telur juga dipercaya mampu membuat kulit wajah menjadi kenyal. Selain itu kandungan berbagai mineral dalam kulit telur mampu mengecilkan pori-pori di wajah. Hal ini tidak lain karena kandungan protein dan sumber mikronutrien di dalamnya. Sayangnya, bau amis pada putih telur mungkin kurang nyaman bagi beberapa orang, maka dari itu, untuk menghindari bau amis Anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

12. Susu

Wajah memiliki kandungan kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal, tidak berkerut, serta pori-pori wajah tidak membesar. Adanya kandungan vitamin D pada susu dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 yang berperang aktif dalam merawat dan menjaga kulit supaya tetap sehat dan lembap.

Cara aplikasi susu bagi proses pengecilan pori-pori kulit adalah dengan mencampur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu lalu oleskan ke wajah hingga rata dan diamkan selama 30 menit.

13. Yogurt

Selain susu, Anda juga bisa menggunakan bantuan dari produk olahannya, yaitu yogurt. Yogurt mengandung kalsium dan zinc. Kalsium sendiri berperan dalam mencegah kulit kering dan dehidrasi. Sedangkan zinc berperan untuk mengatasi masalah kulit wajah. Selain itu ada juga vitamin B kompleks yang mampu menyehatkan wajah dan membuat wajah nampak bersinar alami. Cara penggunaan yogurt hampir sama dengan menggunakan susu, yaitu digunakan sebagai masker alami.

14. Teh hijau

Tidak dapat dipungkiri jika teh hijau kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan tersebut ampuh untuk menangkal radikal bebas agar kulit dapat beregenerasi dengan cepat. Selain itu, penggunaan teh hijau juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori wajah mengecil. Anda bisa menggunakan daun teh hijau segar atau bubuk teh hijau yang dijadikan masker wajah.

Apabila menggunakan daun teh hijau, maka Anda bisa dengan merendamnya ke dalam air panas selama 15 menit lalu oleskan air rendaman ke wajah. Tapi, apabila menggunakan bubuk, caranya dengan melarutkan 1 sdm bubuk teh hijau dengan air hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada wajah.

15. Kopi dan gula

Kopi dan gula sangat baik digunakan sebagai scrub wajah, tentunya agar kulit mati yang tertinggal di wajah dapat terangkat sempurna. Dengan hilangnya sel kulit mati inilah, maka pori-pori wajah mengecil. Untuk memanfaatkan campuran kopi dan gula, Anda bisa mencampurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula lalu larutkan dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Selanjutnya Anda bisa menggosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

16. Minyak zaitun

Cara mengecilkan pori-pori di wajah selanjutnya dengan minyak zaitun. Minyak ini memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu untuk menjaga kadar air pada kulit wajah. Dengan menggunakan minyak zaitun, maka akan mencegah agar tidak muncul tanda penuaan dini di wajah.

Selain itu, minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol. Zat tersebut dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari ancaman kerusakan. Cara penggunaannya dengan mencampurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu lalu gunakan sebagai masker wajah.

17. Air rendaman beras

Ternyata, air rendaman beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang sangat berguna untuk melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. Anda cukup biarkan air beras agar mengendap, lalu gunakan endapan air beras sebagai masker wajah alami.

18. Cuka apel

Cuka apel dapat membantu regenerasi kulit dan mengikis serta mengangkat sel kulit mati. Cuka apel berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah. Cara pemakaiannya dengan melarutkan 1 sdm cuka apel dalam segelas air, lalu celupkan kapas dan oleskan merata ke wajah Anda.

19. Madu

Madu ampuh dalam mencerahkan kulit karena kaya akan antioksidan dan berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Anda cukup mengambil 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah, setelah itu Anda bisa diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

20. Es Batu

Selanjutnya, cara mengecilkan pori-pori di wajah yang terakhir dan mungkin paling populer, yaitu dengan menggunakan es batu. Es batu merupakan cara paling instan yang berguna untuk mengecilkan pori-pori di wajah.

Anda cukup mengoleskan es batu yang telah diselimuti dengan kain bersih ke seluruh wajah hingga rata selama 15 menit, tentunya supaya pori-pori wajah mengecil. Setidaknya, dengan rajin mempraktikkan cara mengecilkan pori-pori di wajah di atas, juga bisa memberi dampak positif lain, seperti kulit wajah yang halus dan sehat. (*)

loading...
 Sumber : Liputan6.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]