Makin Tajir Melintir, Kekayaan Jeff Bezos Tembus Rp 2.903 T


Kamis, 20 Agustus 2020 - 10:24:31 WIB
Makin Tajir Melintir, Kekayaan Jeff Bezos Tembus Rp 2.903 T Jeff Bezos dan MacKenzie. ©REUTERS

HARIAHALUAN.COM - Makin tajir melintir, kekayaan pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos mengukir sejarah. Di mana, jumlah kekayaan Bezos menembus USD 197,8 miliar atau setara Rp 2.903 triliun. Angka ini menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah daftar orang terkaya Forbes dalam 40 tahun terakhir.

Dilansir dari Forbes, Rabu (19/8), kinerja saham Amazon di daftar S&P 500 menjadi yang terbaik pada Selasa lalu. Saham Amazon naik 4,1 persen menjadikan nilai pasarnya menjadi USD 1,66 triliun. Hasilnya, Bezos yang memiliki 11,1 persen saham Amazon meraup keuntungan USD 7,2 miliar.

Kenaikan kekayaan Bezos ini menjadikan jarak dengan Bill Gates, yang menempati peringkat kedua, semakin jauh. Perbedaan kekayaan keduanya kini menjadi USD 83,8 miliar. Angka ini hampir setara dengan jumlah kekayaan Elon Musk, yang berada di peringkat kelima, di mana kekayaannya mencapai USD 85,6 miliar.

Bezos terpantau beberapa kali melakukan penjualan saham miliknya. Di Februari, dia menjual saham senilai USD 1,7 miliar. Di Agustus, Bezos kembali melepas saham senilai USD 3,1 miliar. Di Agustus juga, Bezos mengamalkan 2.941 sahamnya di Amazon atau senilai USD 9,3 miliar untuk lembaga amal.

Mantan istrinya, MacKenzie Scott, yang menerima sepertiga kepemilikannya di Amazon juga kecipratan cuan atas kenaikan nilai saham. Wanita terkaya nomor tiga di dunia ini mencatatkan jumlah kekayaan mencapai USD 62,7 miliar atau setara Rp 920 triliun, Selasa lalu. Sama seperti Bezos, MacKenzie di Juli lalu juga mengamalkan sekitar USD 1,7 miliar untuk 116 lembaga amal di Amerika Serikat.

Virus corona telah melemahkan dunia usaha. Baik di dunia maupun Indonesia. Banyak pengusaha mengalami kerugian besar. Tapi hal itu tidak berlaku untuk miliarder pemilik Amazon, Jeff Bezos.

Mengutip laman Business Insider, Kamis (2/4), seorang reporter bernama Robert Frank mengungkapkan bahwa selama 2020, kekayaan Bezos meningkat. "Jeff Bezos adalah satu-satunya dari 20 miliarder dunia yang berhasil menambah kekayaannya tahun ini," ujarnya di akun Twitternya, @robtfrank.

Dalam daftar yang dilampirkan Robert, tercatat bahwa kekayaan Bezos terakhir sempat turun USD 3,088 miliar namun secara year to date (YTD), kekayaannya naik USD 2,35 miliar.

Adapun menurut data Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Bezos naik USD 5,9 miliar, membuatnya menjadi orang terkaya dunia dengan harta USD 117 miliar.

Sementara miliarder lainnya mengalami penurunan pendapatan imbas Corona. Sementara, miliarder di seluruh dunia juga pernah kehilangan 7 persen pendapatannya gegara pasar yang tidak stabil pada 2018. (*)

loading...
 Sumber : merdeka.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]