Kepala DPMDes Kota Pariaman Ajak Warga Jaga Infrastruktur dengan Cara Goro


Kamis, 20 Agustus 2020 - 10:47:19 WIB
Kepala DPMDes Kota Pariaman Ajak Warga Jaga Infrastruktur dengan Cara Goro Efendi Jamal

HARIANHALUAN.COM - Kepala Desa di Kota Pariaman berperan mengajak warga dan masyarakatnya untuk merawat pembangunan infrastruktur berskala kecil yang ada di lingkunganya melalui kegiatan bergotong-royong.

"Pembangunan infrastruktur berskala kecil, seperti drainase misalnya, dijaga dan kalau dirawat dengan baik akan berfungsi dan mendatangkan manfaat maksimal," kata Kepala DPMDes Kota Pariaman, Efendi Jamal, kepada harianhaluan.com, Kamis (20/8-2020).

Lihat saja kalau drainase lingkungan tidak terpelihara, akan tersumbat dan dapat mendatangkan genangan di lingkungan sekitar. Lebih parahnya lagi, saluran drainase dipenuhi sampah, termasuk sampah plastik.

Akibatnya lingkungan jadi tidak bersih, dan kalau hujan lebat dalam waktu sedikit lama, terjadi genangan di sekitarnya. "Jika drainase banyak sampah, maka genangan air drainase menguapkan banyak sampah," lanjutnya.

Kalau airnya surut atau mengering, jejak genangan ditandai dengan banyak sampah berserakan.

Pembangunan infrastruktur berskala kecil yang ada dan dibangun di desa, semua untuk kenyamanan dan ketentraman masyarakat.

"Memang tugas pemerintah untuk membangun, tapi kalau hasil pembangunan itu tentulah juga harus dipelihara bersama-sama oleh masyarakat," lanjutnya.

Kegiatan gotong royong oleh warga di desa atau kelurahan, terhadap sarana dan prasarana yang sudah dibangun tersebut tentu akan lebih baik dan terpelihara jadinya.

Soal kegiatan gotong rotong yang dilaksanakan warga atau masyarakat desa sudah membaik, makanya perlu di galakan terus sehingga kebiasaan ini tetap langgeng.

"Dengan kegiatan gotong-royong infrastruktur berskala kecil itu akan terawat dan berfungsi maksimal sesuai fungsinya, lingkungan bersih, warga nyaman dan aman serta tentram," kata Efendi Jamal. (*)

 

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]