Oknum Honorer yang Bobol Uang Nasabah Bank Ajak Orangtuanya Terlibat


Kamis, 20 Agustus 2020 - 12:47:20 WIB
Oknum Honorer yang Bobol Uang Nasabah Bank Ajak Orangtuanya Terlibat ilustrasi pembobolan uang nasabah.

HARIANHALUAN.COM - Kasus pembobolan uang nasabah salah satu bank di Sumbar dicuri oleh seorang honorer kantor kelurahan di Kota Padang saat ini sudah ditangani secara intensif oleh Polresta Padang. Dalam kejadian ini, korban mengalami kerugian hingga Rp75 Juta dengan modus pemalsuan tanda tangan. Tersangka berinisial FF (36) kini telah ditahan Polresta Padang atas perbuatannya dan terancam hukuman di atas lima tahun penjara.

Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda kepada wartawan Kamis (20/8/2020) mengatakan, kejadian itu berawal saat tersangka ini menemukan sebuah dompet di salah satu kantor lurah di Kecamatan Pauh, Kota Padang. Tersangka sendiri adalah pegawai honorer di kantor lurah tersebut. Dalam dompet itu ada buku tabungan, KTP dan sejumlah uang. 

"Jadi, tersangka ini memalsukan tanda tangan dengan menirukan tanda tangan seperti yang ada di KTP milik korban," kata Rico kepada wartawan.

Ditambahkan Kasat, setelah mendapat dompet berisikan buku tabungan dan KTP, tersangka ini berniat untuk melakukan penarikan uang korban. Orang tuanya pun dilibatkan untuk menipu petugas bank. "Korbannya merupakan ibu-ibu. Kemudian, tersangka ini juga membawa orang tuanya saat menarik uang. Dia mengelabui petugas bank dengan menyebutkan bahwa ibu-ibu yang merupakan orang tuanya tidak mengerti soal penarikan," jelasnya. 

Disebut Rico, penarikan uang sebesar Rp75 juta tersebut dilakukan sebanyak tiga kali. Setiap penarikan, tersangka selalu memanfaatkan orang tuanya sebagai pemilik buku tabungan. "Tersangka ini berdalih ingin membantu ibu-ibu yang padahal orang tuanya. Tapi ibunya tidak tahu sama sekali. Kami hanya jadikan saksi. Dia sudah melakukan penarikan sebanyak tiga kali," ujarnya. 

Rico menegaskan, atas perbuatannya tersangka dijerat pasal 362 dan 263 KUHP tentang pencurian dan pemalsuan tanda tangan serta terancam hukuman diatas lima tahun. "Penangkapanya dilakukan pada 13 Agustus 2020 oleh Ditreskrimsus Polda Sumbar tanpa perlawanan. Dia mengakui kesalahannya. Laporannya ada di sini (Polresta Padang), makanya petugas dari Polda menyerahkan ke kami," tutup Rico.

Penyidik masih melengkapi berkas perkara atas kasus tersebut. Dalam waktu dekat, berkas perkara segera dilimpahkan ke kejaksaan. (*) 

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 September 2020 - 22:54:46 WIB

    Nyabu Bareng, Oknum Notaris dan Pemilik Hotel Ditangkap Polres Dharmasraya

    Nyabu Bareng, Oknum Notaris dan Pemilik Hotel Ditangkap Polres Dharmasraya HARIANHALUAN.COM - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Dharmasraya, Sumatera Barat, berhasil menangkap seorang oknum notaris dan oknum pemilik hotel di daerah itu karena kedapatan membawa narkotika jenis sabu-sabu, Kamis (17/09.
  • Selasa, 08 September 2020 - 16:06:50 WIB

    Terlibat Perkelahian, Mamak dan Kemenakan Tewas Ditusuk Oknum Satpam

    Terlibat Perkelahian, Mamak dan Kemenakan Tewas Ditusuk Oknum Satpam HARIANHALUAN.COM - Diduga terlibat perkelahian, mamak dan kemenakan tewas di tangan salah seorang satpam bernama Asmardi (40) di kawasan Perumahan The Green Mutiara Rimbo Data Kelurahan Bandar Buat, Kecamatan Lubuk Kilangan, .
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 18:20:44 WIB

    Dua Oknum Polisi di Jembrana Dimutasi Usai Peras Turis Jepang

    Dua Oknum Polisi di Jembrana Dimutasi Usai Peras Turis Jepang HARIANHALUAN.COM – Polres Jembrana, Bali memutasi dua oknum polisi yang bertugas di Polsek Pekutatan setelah sebuah video keduanya melakukan pemerasan terhadap turis asal Jepang viral di media sosial. Mutasi dilakukan untuk.
  • Kamis, 20 Agustus 2020 - 12:25:20 WIB

    Uang Nasabah Bank Dibobol, Tersangka Oknum Honorer di Padang

    Uang Nasabah Bank Dibobol, Tersangka Oknum Honorer di Padang HARIANHALUAN.COM - Seorang oknum honorer Kantor Lurah di Kota Padang dibekuk jajaran Ditreskrimum Polda Sumbar pada Kamis (13/8/2020) lalu. Tersangka ini melakukan pembobolan uang nasabah salah satu bank di Sumbar sebesar Rp7.
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 08:22:06 WIB

    Kasus Oknum Projo Peras ASN Segera Dilimpahkan ke Kejaksaan

    Kasus Oknum Projo Peras ASN Segera Dilimpahkan ke Kejaksaan HARIANHALUAN.COM-Kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oknum pengurus ormas Projo terhadap ASN di Pemkab Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, segera dilimpahkan Tim Penyidik Polres  pada pihak Kejaksaan Negeri setempa.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]