Peringatan 1 Muharram di Agam Libatkan Ribuan Peserta, Begini Tradisi Uniknya


Kamis, 20 Agustus 2020 - 13:47:15 WIB
Peringatan 1 Muharram di Agam Libatkan Ribuan Peserta, Begini Tradisi Uniknya Peringatan 1 Muharram di Agam meriah.

HARIANHALUAN.COM - Dalam memperingati tahun baru islam 1442 Hijriah atau 1 Muharram, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam menggelar pawai api obor pada Rabu (19/8/2020) malam. Kegiatan ini dilepas langsung oleh Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin setelah pelaksanaan Salat Isya.

Pawai tersebut dilaksanakan dengan rute start dari Kampuang Tabu Palimbatan-Sawah Kareh Palupuah, kemudian finish di Masjid Jami’ Al Irsyad Palupuah. “Kegiatan peringatan 1 Muharram ini diikuti sekitar 2.500 peserta dari 75 kelompok sesuai tahun kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Lanjut Zul, jumlah peserta dan kelompok yang mengikuti kegiatan ini tersebar pada tujuh jorong berasal dari TPQ/TPSQ, majelis taklim, remaja masjid, kelompok shalawat dan dikia, mahasiswa, aparatur nagari, lembaga nagari, sanggar seni, perguruan silat dan kelompok kepemudaan.

“Tidak hanya itu, ratusan kendaraan juga ikut ambil bagian dalam acara pawai ta’aruf akbar yag diselenggarakan PHBI Pasia Laweh ini,” sebut Zul Arfin.

Menurutnya, kegiatan ini digelar untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan terhadap kesalahan yang dilakukan selama ini, serta dijauhi dari segala bencana termasuk pandemi Covid-19. “Semoga dengan kita selalu berdo’a dan memohon ampunannya, ke depan kehidupan kita jauh lebih baik dibawah lindungan Allah SWT,” pintanya.

Ia mengatakan, pawai terlaksana dengan tertib dan lancar, yang dikawal oleh jajaran Polsek dan Koramil Palupuah serta diiringi kendaraan Puskesmas setempat. “Suasana malam dihiasi lantunan shalawat dan cahaya api obor, yang disaksikan langsung oleh warga dari halaman rumah yang saat itu lampu rumah sengaja dimatikan. Alhamdulillah kegiatan ini tidak keluar dari ranah protokol kesehatan,” tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Sumber : Agam Media Center /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]