Dinkes Batam Tes PCR Keluarga yang Jemput Paksa Jenazah Positif Covid-19


Kamis, 20 Agustus 2020 - 14:08:07 WIB
Dinkes Batam Tes PCR Keluarga yang Jemput Paksa Jenazah Positif Covid-19 ilustrasi tes PCR

HARIANHALUAN.COM - Dinas Kesehatan Kota Batam Kepulauan Riau melakukan tes usap PCR terhadap 15 orang warga dan keluarga yang mengambil paksa jenazah yang dinyatakan positif Covid-19 ke Rumah Sakit Khusus Infeksi Pulau Galang. "Tes usap dilakukan di RS Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam, Kamis.

Dinkes Batam membawa 15 orang penjemput jenazah positif Covid-19 ke RSKI Pulau Galang, Rabu (19/8/2020) malam untuk menjalani karantina disana. Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Medis sekaligus Penanggung Jawab Tim Covid-19 RSBK memberikan keterangan kronologis penjemputan jenazah R, melalui pesan aplikasi.

Dia menjelaskan, kasus itu bermula pada Sabtu (15/8/2020), R dibawa ke RSBK dengan keluhan sesak. Berdasarkan gejala, pemeriksaan fisik, radiologi, dan laboratorium yang didukung hasil tes cepat Covid-19 Reaktif IgG dan IgM, maka tegak status sebagai suspek Covid-19. Kemudian yang bersangkutan dirawat di ruang isolasi khusus Covid-19 RSBK dan dilakukan pengambilan sampel PCR pada Ahad dan Senin (16-17/8/2020).

Lalu, terjadi penurunan kondisi pada 18 Agustus siang hingga ditetapkan meninggal dunia pada pukul 17.25 WIB. "Keluarga dihubungi dan langsung datang ke rumah sakit. Dijelaskan prosedur yang akan dilakukan sesuai protokol dan menyetujui," kata dia.

Namun, pada sekitar pukul 19.00 WIB, tiba-tiba sekelompok orang yang mengaku sebagai keluarga menolak prosedur yang akan dilakukan dan meminta jenazah untuk dibawa pulang. Menurut Gilang, jumlah orang semakin bertambah. Suasana semakin tidak kondusif dan jenazah dibawa pulang sekitar pukul 20.25 WIB menggunakan ambulans yang sudah dibawa sendiri oleh mereka. Hasil PCR rilis pada 19 Agustus 2020 dengan hasil positif. (*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 13 Juli 2020 - 16:05:21 WIB

    Muncul Klaster Pusdikpom, 12 Pusdik Militer di Cimahi Jadi Target Dinkes

    Muncul Klaster Pusdikpom, 12 Pusdik Militer di Cimahi Jadi Target Dinkes HARIANHALUAN.COM - Dinkes Kota Cimahi menyoroti pusat pendidikan (pusdik) yang tersebar di Kota Cimahi menyusul munculnya klaster Pusdikpom. Sekdis Kesehatan Kota Cimahi Chanifah Listyarini mengungkapkan swab test di pusdik y.
  • Selasa, 07 April 2020 - 11:30:30 WIB

    Kabar Baik! Kadinkes Sulsel Sembuh dari Corona

    Kabar Baik! Kadinkes Sulsel Sembuh dari Corona MAKASSAR, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Sulsel) dr Ichsan Mustari yang sebelumnya dinyatakan positif Corona (COVID-19) dinyatakan sembuh. Ichsan dinyatakan negatif Corona setelah melalui peme.
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 08:25:45 WIB

    Angkanya Melonjak, Dinkes Sumut Ancam Buka Identitas ODP Corona yang Berkeliaran

    Angkanya Melonjak, Dinkes Sumut Ancam Buka Identitas ODP Corona yang Berkeliaran MEDAN, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengancam akan menyebarluaskan identitas orang dalam pemantauan (ODP) terkait virus corona (penyakit virus korona, Peviko-19) yang masih berkeliaran d.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]