Banjir Besar Terjang China, Seratus Ribu Orang Mengungsi 


Kamis, 20 Agustus 2020 - 15:42:18 WIB
 Banjir Besar Terjang China, Seratus Ribu Orang Mengungsi  Banjir di provinsi Sichuan China.

HARIANHALUAN.COM-Banjir besar kembali melanda  daratan China. Setidaknya  100.000 orang terpaksa mengungsi akitbat   banjir di hulu Sungai Yangtze. Otoritas di Sichuan, salah satu provinsi yang dilalui Sungai Yangtze, menetapkan kode merah atau status darurat,  mengingat tinggi permukaan air di beberapa stasiun pengawas melampaui lima meter atau batas aman.

"Pembangunan pembangkit listrik tenaga air, Three Gorges Project, yang dirancang untuk menghalau luapan air Sungai Yangtze, diperkirakan akan menerima luapan air sebanyak 74.000 meter kubik per detik, Rabu, angka tertinggi sejak bendungan tersebut dibangun," kata Kementerian Sumber Daya Air pada Rabu.

PLTA itu dibangun pemerintah untuk mengalihkan air yang seharusnya mengalir ke hilir jadi ke bendungan. Tinggi permukaan air di bendungan telah 10 meter lebih tinggi daripada batas aman selama lebih dari satu bulan.

Petugas telah berusaha meningkatkan volume air keluar dari bendungan sejak Selasa demi "mengurangi tekanan banjir," terang pihak kementerian.

Otoritas setempat lama berupaya menunjukkan pembangunan bendungan raksasa dan tempat penampungan air di sepanjang sisi hulu Sungai Yangtze dapat melindungi daerah itu dari banjir terburuknya pada tahun ini. Namun, kalangan oposisi menilai pembangunan tersebut justru membuat keadaan jadi lebih buruk.(*)

 Sumber : Antara /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]