Pemerintah Ingatkan Protokol Cegah Covid-19 saat Libur Panjang


Kamis, 20 Agustus 2020 - 17:50:31 WIB
Pemerintah Ingatkan Protokol Cegah Covid-19 saat Libur Panjang Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengingatkan masyarakat dan pengelola tempat wisata untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat di liburan panjang akhir pekan ini. “Karena kalau kita tidak disiplin, kita yang akan memanen kasusnya di beberapa hari ke depan,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

Wiku mengingatkan masyarakat agar tidak berkerumun selama menikmati libur panjang, selalu menjaga jarak antara individu, menggunakan masker, dan mencuci tangan dengan sabun. Pengelola tempat wisata pun harus memfasilitasi penerapan protokol kesehatan, seperti membatasi tingkat okupansi atau kapasitas terisi maksimal 50 persen dari total kapasitas.

Kemudian, pengelola wisata juga harus menyediakan sarana mencuci tangan di banyak titik, merenggangkan jarak antara pengunjung, dan mengawasi pengunjung agar memakai masker di tempat umum. “Ini tanggung jawab kita semua. Kapasitasnya hanya 50 persen, jaga jarak, sediakan tempat cuci tangan, pakai masker, demikian pula anggota masyarakat harus betul-betul disiplin,” kata Wiku.

Wiku mewanti-wanti agar pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi di beberapa lokasi wisata selama liburan HUT RI pada 17 Agustus 2020 lalu tidak terulang lagi. “Misalnya di Bukit Besak Sumatera Selatan ada 6.000 pendaki saat liburan 17 Agustus. Kami lihat di Pantai Pangandaran, Jawa Barat juga berkerumun, pendaki di Gunung Bawakaraeng Makassar, Sumatera Selatan ada 6.000 pendaki. Ini tidak terapkan berjaga jarak,” ujar dia.

“Jangan sampai prestasi (prestasi penanganan,-red) yang sudah kita capai, jangan sampai rusak karena keteledoran atau ketidakdisiplinan kita semua,” Wiku menambahkan.

Hingga Kamis ini, jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia terus meningkat. Per hari ini terdapat penambahan 2.266 kasus terkonfirmasi sehingga total menjadi 147.211 kasus pasien positif COVID-19, dengan 100.674 pasien telah sembuh dan 6.418 kasus pasien meninggal dunia. (*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 20 September 2020 - 22:26:56 WIB

    Pemerintah Ingatkan Masyarakat Waspadai Klaster Pilkada

    Pemerintah Ingatkan Masyarakat Waspadai Klaster Pilkada HARIANHALUAN.COM - Guna menurunkan laju pertumbuhan kasus positif COVID-19 di Indonesia, Kemenkes membentuk Tim Taskforce yang dikirimkan ke 9 provinsi prioritas penanganan COVID-19. Salah satu provinsi yang dikunjungi adal.
  • Sabtu, 19 September 2020 - 08:03:30 WIB

    Pemerintah RI Kerahkan COVID-19 Hunter, Ini Tugasnya

    Pemerintah RI Kerahkan COVID-19 Hunter, Ini Tugasnya HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan ada COVID-19.
  • Jumat, 18 September 2020 - 08:28:02 WIB

    Sasaran Warga Miskin Diperluas Jadi 60%, Pemerintah Gelontorkan Rp419,3 T

    Sasaran Warga Miskin Diperluas Jadi 60%, Pemerintah Gelontorkan Rp419,3 T HARIANHALUAN.COM - Kementerian Sosial memberikan perhatian serius dalam penyempurnaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) mulai Tahun Anggaran 2021. Penyempurnaan DTKS salah satunya untuk mengantisipasi perluasan sasaran.
  • Senin, 14 September 2020 - 14:35:58 WIB

    Hore! Pemerintah Bakal Berikan Bantuan ke Tenaga Honorer

    Hore! Pemerintah Bakal Berikan Bantuan ke Tenaga Honorer HARIANHALUAN.COM - Kabar gembira. Pemerintah akhirnya memutuskan akan memberikan bantuan kepada para tenaga honorer yang terkena dampak pandemi Covid-19..
  • Senin, 14 September 2020 - 11:25:05 WIB

    Pegawai Kontrak Pemerintah Harap Bersabar, Aturan Gaji Tunggu Paraf Sri Mulyani

    Pegawai Kontrak Pemerintah Harap Bersabar, Aturan Gaji Tunggu Paraf Sri Mulyani HARIANHALUAN.COM - Rancangan Peraturan Presiden (Raperpres) tentang gaji dan tunjangan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara substansial telah disepakati. Saat ini sudah masuk ke dalam paraf para mente.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]