Duh, Jeff Bezos Kehilangan Duit Rp 57 T dalam Semalam!


Kamis, 20 Agustus 2020 - 18:29:17 WIB
Duh, Jeff Bezos Kehilangan Duit Rp 57 T dalam Semalam! Jeff Bezos

HARIANHALUAN.COM - Dini hari tadi waktu Indonesia, bursa saham Amerika Serikat (AS) melemah. Bukan hanya harga saham yang berkurang, tetapi juga kekayaan para taipan di belakangnya.

Pada Kamis (20/8/2020) dini hari waktu Indonesia, indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) turun 0,31% ke 27.692,88. Sementara S&P 500 melemah 0,44% menjadi 3.374,85 dan Nasdaq Composite terpangkas 0,57% ke 11.146,46.

Investor di Wall Street ketar-ketir merespons notula rapat (minutes of meeting) Komite Pengambil Kebijakan Bank Sentral AS (Federal Open Market Committee/FOMC) edisi Juli 2020. Hasil rapat tersebut memang sesuai ekspektasi, suku bunga acuan ditahan di 0-0,25%.

Namun yang mencemaskan adalah 'suasana kebatinan' dalam rapat itu. Dalam notula setebal 13 halaman, kata ketidakpastian (uncertainty) muncul delapan kali. Misalnya di halaman delapan, disebutkan bahwa dampak ekonomi dari pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) menimbulkan ketidakpastian yang semakin tinggi.

"Ketidakpastian terkait dengan dampak ekonomi akibat pandemi meningkat luar biasa. Tekanan yang terjadi membuat berbagai perkiraan ekonomi menjadi lebih menantang ketimbang sebelumnya," tulis notula itu.

Oleh karena itu, sepertinya laju pemulihan ekonomi di Negeri Paman Sam bakal lebih lambat dari perkiraan semula. Sebab wabah virus corona terlanjur memberikan pukulan dahsyat terhadap perekonomian.

"Pemulihan laju Produk Domestik Bruto (PDB) dan tingkat pengangguran pada paruh kedua 2020 kemungkinan tidak secepat perkiraan sebelumnya. Ini karena aktivitas ekonomi melambat ke rekor terendah pada kuartal II-2020," lanjut notula itu.

Prospek pemulihan ekonomi AS yang penuh tanda tanya membuat pelaku pasar cemas. Aksi jual mewarnai Wall Street sehingga harus puas finis di jalur merah.(*)

loading...
 Sumber : CNBC /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]