Mendebarkan, Deretan Politisi Bertradisi Menang Turut Ambil Bagian di Pilkada Dharmasraya


Kamis, 20 Agustus 2020 - 19:28:34 WIB
Mendebarkan, Deretan Politisi Bertradisi Menang Turut Ambil Bagian di Pilkada Dharmasraya Ilustrasi

HARIAN HALUAN.COM - Suhu politik di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, terpantau makin mendebarkan dengan diprediksi hadirnya deretan nama-nama politisi beken dan memiliki tradisi menang, turut ambil bagian dalam pilkada serentak 2020 di daerah itu. 

Kemungkinan besar, perang tanding berskala tinggi tersebut akan membawa pengaruh positif di tingkat pemilih dan sukses membawa kualitas dunia politik daerah tersebut menuju pada level selanjutnya. 

Yang terbaru, sebut saja sosok nama politisi senior kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), DP Datuk Labuan, yang dipercaya maju sebagai bakal calon wakil bupati mendampingi petahana bupati saat ini, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang kembali diusung PDI Perjuangan (PDIP) pada Pilkada Kabupaten Dharmasraya.

Disamping dikenal sebagai salah seorang tokoh pemekaran Kabupaten Dharmasraya, Datuk Labuan juga tercatat pernah menjadi anggota DPR RI asal Partai Golkar dan pernah memimpin partai berlambang banteng mengamuk itu untuk tingkat Sumatera Barat dan disinyalir juga memiliki kedekatan khusus dengan sosok yang menjadi ikonik di partai itu, Megawati Soekarnoputri.

Dengan kata lain, tidak tertutup kemungkinan "barisan banteng bermata merah" yang saat ini menduduki berbagai kursi jabatan strategis di pemerintahan Presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, ikut turun gunung guna memenangkan pasangan calon ini, mengingat PDI-P bisa mengusung sendiri calonnya dengan modal 7 kursi di DPRD Dharmasraya. 

Di kubu lainnya, yakni pasangan Panji Mursyidan - Yosrizal, yang merupakan pasangan bakal calon kepala daerah yang mengklaim sudah mengantongi mandat dari koalisi Partai Berkarya, Partai Amanat Nasional dan dari desas-desus yang beredar sedang berjuang mendapatkan kepercayaan dari Partai Gerindra yang meraih suara cukup signifikan pada Pemilu Serentak 2019.

Sepintas memang tidak ada yang spesial dari pasangan calon ini, Panji yang mewakili semangat milenial dan Yos yang merupakan sosok politikus murni kader Partai Amanat Nasional.

Namun ketika digali lebih dalam ternyata ada nama politisi perempuan yang cukup beken dan saat ini kembali berhasil memenangkan kursi Ketua Komite di DPD RI, Hj.Elviana, M.Si, yang selain dikenal sebagai politikus juga merupakan pendiri satu-satunya yayasan pendidikan tingkat perguruan tinggi, Universitas Dharmas Indonesia (Undhari), yang tentu saja memiliki gudang mesin intelektual dan siap bertarung merebut tongkat kepemimpinan eksekutif tertinggi di Dharmasraya. 

Terakhir, ada nama sosok yang sedang menjadi buah bibir sebagai politikus yang tidak bisa diabaikan dan berpotensi menjadi kuda hitam pada pilkada serentak kali ini, Amrizal Datuk Rajo Medan atau biasa dikenal dengan sebutan RJM.

Politisi yang dibesarkan oleh Partai Hanura dan belakangan direkrut sebagai kader oleh partai politik yang memiliki kekuatan cukup mengakar dan pernah tercatat sebagai pemenang pada ajang pilkada di daerah itu, Partai Golkar, tentu memiliki kans besar dengan statusnya sebagai petahana wakil bupati saat ini. 

Diperkirakan, sosok RJM akan dipercayai untuk diusung oleh partai berlambang pohon beringin yang semua orang mengetahui para kadernya pernah berkuasa sejak zaman Orde Baru hingga era reformasi, guna mengembalikan harga diri partai dengan tradisi berkuasa itu kembali ke tampuk jabatan Bupati Dharmasraya. 

Meskipun ia merupakan kader baru, namun di belakang RJM jika berhasil meraih mandat pencalonan dari Partai Golkar ada nama Adi Gunawan, mantan Bupati Dharmasraya yang saat ini menjabat sebagai anggota legislatif di DPRD setempat yang sebelumnya justru ia pernah kalahkan pada pemilihan sebelumnya saat berpasangan dengan Bupati Petahana Sutan Riska Tuanku Kerajaan. 

Sosoknya yang pernah menjabat sebagai bupati, tentu akan menjadi keuntungan tersendiri ketika akan menyusun kekuatan kembali karena masih memiliki hirarki pemenangan dan tim yang tangguh di lapangan. 

Kemudian jika dilihat dari pemetaan sementara, sosok RJM cukup mendapatkan tempat pada tingkat pemilih kawasan perdesaan dan pusat ibukota kabupaten itu, kawasan Sungai Dareh Pulau Punjung, yang merupakan basis terkuatnya. 

Jika dikolaborasikan dengan kekuatan dan kepiawaian berpolitik sosok Adi Gunawan dengan kekuatan Partai Golkar, maka peluang kemenangan pasangan calon yang diramalkan akan berpasangan dengan salah satu kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan masih menunggu satu kursi koalisi lagi sebagai syarat terpenuhinya dukungan pada pendaftaran calon nanti, tentu akan terbuka lebar. 

Terlepas dari isu menang kalah, deretan komposisi politisi yang diperkirakan akan ambil peranan pada pilkada serentak kali ini, tentu diharapkan akan melahirkan rangkaian program-program pembangunan berskala besar yang akan ditawarkan kepada para pemilik suara, yakni masyarakat Dharmasraya itu sendiri. 

Jangan sampai, modal kualitas individu para politisi Dharmasraya tersebut harus hancur ketika tangan-tangan siluman berkedok tim sukses mulai menebar racun-racun terhadap proses demokrasi yang menjadi perwujudan kedaulatan rakyat hanya demi memenuhi hasrat individu dan kelompok dengan mengabaikan serta mengorbankan kepentingan masyarakat luas.(*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]