Berkunjung ke Solok Selatan, Audy Joinaldy Jawab Harapan Milenial


Kamis, 20 Agustus 2020 - 19:32:56 WIB
Berkunjung ke Solok Selatan, Audy Joinaldy Jawab Harapan Milenial Audy Joinaldy menjawab harapan milenial Solsel di MPL Timur, Pasir Talang. Audy Joinaldy menjawab harapan milenial Solsel di MPL Timur, Pasir Talang. Jefli

HARIANHALUAN.COM - Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy serap aspirasi masyarakat Jorong Melayu Palak Lawe  (MPL) Timur, Nagari Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan (Solsel) pada Kamis (20/8/2020).

Kedatangan Audy, disambut hangat dan antusias masyarakat setempat, terutama kaum milenial. Beragam harapan disampaikan masyarakat dan kaum muda.

Prasetyo seorang pemuda setempat, menginginkan adanya perhatian sektor pertanian dan perkebunan di Solsel apabila terpilih kelak mendampingi Calon Gubernur Mahyeldi di Pilkada Sumbar 2020. 

"Kami Pemuda di MPL umumnya memiliki lahan perkebunan yang belum terkelola maksimal. Berdasarkan hal ini kedepannya, Kami sangat berharap adanya semacam pelatihan, pemasaran dan pemberian bibit tanaman yang produktif maupun bantuan modal yang berdampak pada peningkatan sektor ekonomi," katanya.

Senada, Nova seorang mahasiswi mengaku terkendala akan sistem pembelajaran secara daring semenjak wabah pandemi Covid-19 merebak. Kendala yang dihadapi semacam kebutuhan paket data untuk koneksi internet.

"Ada gak, nanti semacam program WiFi atau koneksi internet gratis dari Pak Joinaldy terhadap para pelajar dikarenakan orangtua Kami juga kadang tidak mampu untuk membelikan paket internet," harap Nova.

Harapan juga disampaikan seorang tokoh masyarakat setempat, Alfi yang menginginkan semacam program menciptakan lapangan kerja.

"Jika bapak Joinaldy nanti terpilih maka apa program untuk menciptakan lapangan pekerjaan," kata Alfi.

Audy Joinaldy, mengatakan terkait sektor pertanian dan perkebunan pihaknya mengaku program tersebut sudah ada ditingkat pusat namun juga butuh sentuhan lobi-lobi.

Pihaknya akan membuat program global sektor pertanian, perkebunan dan perikanan di Sumbar yang berbasis ekonomi kreatif dan digitalisasi pemasaran.

"Kami ingin Sumbar ini menjadi lumbung produksi Padi dan Jagung dan mandiri memproduksi benihnya," katanya.

Menurutnya, mileneal butuh kreatifitas diera digitalisasi dengan memanfaatkan teknologi daring, semua bisa dipelajari di internet. "Baik itu pola pemasaran dan terkait cara produksi. Persoalan pendanaan juga ada pendanaan non perbankan yakni financial teknologi. Jadi mari belajar untuk hal positif dari internet," bebernya.

Terkait kuota internet gratis untuk belajar daring , imbuhnya harusnya program tersebut sudah ada. "Atau jika memang belum ada, nanti coba Kita upayakan mungkin semacam WiFi portable. Tapi, untuk belajar ya..jangan main game," ucapnya.

Kemudian, pihaknya juga akan menciptakan 100.000 lapangan pekerjaan untuk kaum mileneal dari sektor industri kreatif dan UMKM.

"Model programnya tidak bersifat konsumtif atau pemberian dana saja. Akan tetapi, diberikan pelatihan, training dan modal usaha non perbankan. Intinya bisa memberikan pemberdayaan ekonomi yang tidak konsumtif," lanjutnya.

Disamping itu, pihaknya juga fokus terhadap program pariwisata, infrastruktur, pendidikan dan sektor kesehatan.

Kedatangan Audy Joinaldy juga disambut kepala Jorong MPL Timur, Hendra Putra, Tokoh masyarakat, Safri Lubis dan Asril. (*)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]