44 Kasus Baru Positif Covid-19, Terbanyak dari Padang dan Padang Pariaman


Kamis, 20 Agustus 2020 - 21:04:02 WIB
44 Kasus Baru Positif Covid-19, Terbanyak dari Padang dan Padang Pariaman Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 44 kasus positif virus corona kembali dicatatkan dari delapan daerah di Sumbar. Sedangkan laporan kasus terbanyak berasal dari Kota Padang dan Padang Pariaman masing-masing berjumlah 15 kasus.

"Ada delapan daerah yang melaporkan kasus positif virus corona hari ini, namun laporan terbanyak berasal dari Padang dan Padang Pariaman," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal, Kamis (20/8/2020).

Selain Padang dan Padang Pariaman, daerah lain yang melaporkan kasus positif virus corona tersebut yakni, Kota Padang Panjang sebanyak empat orang, Kota Pariaman dua orang, Agam dan Tanah Datar masing-masing tiga orang, Bukittinggi dan Payakumbuh masing-masing satu orang.

Hingga hari ini, telah ada 1.482 kasus terkonfirmasi yang dilaporkan di Sumbar sejak bulan Maret lalu. Dari jumlah tersebut, pasien dirawat di berbagai rumah sakit sebanyak 129 orang atau 8,7 persen, isolasi mandiri 293 orang atau 19,8 persen, isolasi daerah sembilan orang atau 0,6 persen, isolasi BPSDM 49 orang atau 3,3 persen, meninggal dunia 45 orang atau 3,0 persen dan sembuh 957 orang atau 64,6 persen.

"Dilihat dari positivity rate, Sumbar berada di angka 1,77 persen dengan total spesimen diperiksa sebanyak 96.111 sampel dari 83.454 orang," kata Jasman.

Lanjut Jasman, sebanyak 44 kasus baru tersebut berasal dari 1.948 sampel yang yang diperiksa oleh laboratorium penanganan virus corona dibawah penanggung jawab dr Andani Eka Putra. 1.777 spesimen diperiksa oleh Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, sedangkan 171 lagi diperiksa oleh Laboratorium Veteriner Baso Agam.

Berdasarkan data yang diterima oleh Jasman Rizal hingga Kamis pagi, Ia mengaku bahwa hampir semua yang terinfeksi mempunyai riwayat datang dari luar daerah Sumbar. Jasman mengingatkan kepada masyarakat yang datang dari luar daerah agar segera melakukan test PCR atau uji swab yang telah disediakan oleh pemprov Sumber di berbagai fasilitas kesehatan, termasuk bandara.

Sehubungan dengan itu, kata dia, Gubernur Sumbar juga telah membuat surat No. 360/194/Covid-19-SBR/VIII-2020 tanggal 19 Agustus 2020 tentang Himbauan Penegakan Protokol Kesehatan kepada bupati dan wali kota untuk dapat secara tegas pada masing-masing daerahnya. “Apapun yang pemerintah lakukan, tanpa adanya dukungan masyarakat untuk mematuhinya, yakinlah bahwa pandemi ini tidak akan berakhir,” ujar Jasman.

Jasman berharap agar semua elemen masyarakat bersama-sama untuk memerangi pandemi virus corona sesuai dengan potensi dan kekuatan masing-masing, dengan tetap berfikir positif. (*)
 

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]