HEPA Bisa Basmi Corona di Pesawat, Apa Sih Itu?


Kamis, 20 Agustus 2020 - 22:40:16 WIB
HEPA Bisa Basmi Corona di Pesawat, Apa Sih Itu? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kamu pasti was-was dengan standar kesehatan di dalam penerbangan. Mudahnya virus Corona menyebar membuat kita takut bepergian. Apalagi dikurung dalam pesawat bersama orang yang entah dari mana.

Namun coba dengarkan dulu penjelasan dari ahlinya ini. Ada penjelasan yang membuat kita sedikit teguh tentang kebersihan di pesawat dari ahli kesehatan. Soal kepastian standar kesehatan penerbangan, Direktur Utama Rumah Sakit Medistra, Dini Handayani angkat bicara.

Ada 'senjata' yang diklaim bisa menangkal virus Corona dalam pesawat. 'Senjata' itu adalah teknologi High Efficiency Particulate Air (HEPA) yang menyaring udara di dalam kabin pesawat sama dengan yang digunakan di ruang operasi dan ruang sterilisasi di rumah sakit.

"Teknologi HEPA yang digunakan di pesawat sama dengan standard facility maintenance untuk kesehatan di rumah sakit. Di ruang operasi atau ruang sterilisasi, kami menggunakan HEPA agar tidak ada virus dan jamur yang masuk ke tubuh pasien lewat udara," jelas Dini dalam jumpa media yang diikuti detikcom di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Kamis (20/8/2020).

Faktanya lagi, jika di rumah sakit teknologi HEPA memfiltrasi udara setiap 5 menit sekali. Sedangkan di pesawat frekuensi penyaringan udaranya lebih cepat lagi.

"Siklus filtrasi udara di pesawat dilakukan setiap 3 menit sekali dengan HEPA. Artinya udara di dalam kabin dibuang keluar lebih cepat, dan digantikan lagi dengan yang baru. Sehingga risiko penumpang pesawat tertular COVID-19 melalui udara bisa dicegah," paparnya.

Dini mengatakan, masyarakat kini tidak perlu khawatir lagi bepergian bersama keluarga menggunakan pesawat terbang. Karena seluruh protokol kesehatan telah dijalankan dengan baik oleh pengelola bandara serta maskapai penerbangan.

"Tidak perlu khawatir bepergian dengan pesawat bersama keluarga, selama kita pakai masker, rajin cuci tangan, dan rutin mengukur suhu tubuh 2 kali sehari," pungkas Dini.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]