Wako: Padang Bisa Jatuh ke Jurang Resesi Kalau Roda Ekonomi Tidak Bergerak


Jumat, 21 Agustus 2020 - 06:03:32 WIB
Wako: Padang Bisa Jatuh ke Jurang Resesi Kalau Roda Ekonomi Tidak Bergerak Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah. Dok PNP

HARIANHALUAN.COM - Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, sektor pendukung perekonomian Kota Padang selama ini adalah pariwisata dan perdagangan, namun kedua sektor ini pula yang paling terdampak Covid-19. Salah satu bukti, hotel-hotel di Kota Padang sudah banyak yang mem-PHK karyawan.

"Roda ekonomi dan roda kesehatan perlu serempak digerakkan, kalau tidak, dua bulan lagi, kita bisa-bisa resesi," tekan Mahyeldi saat Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Perpanjangan PNP dengan PT. Trakindo Utama di Rumah Dinas Walikota Padang, Jln. A. Yani nomor 11 Padang, baru-baru ini.

Mahyeldi menyadari bahwa menggerakkan perekonomian di saat pandemik ibarat makan buah simalakama. Jika pemerintah fokus pada kesehatan, ekonomi jadi tak bergerak, dan tak mungkin duduk saja di rumah.

"Sehubungan dengan itu mencairkan anggaran rutin yang ada pada lembaga pemerintahan dan BUMN adalah solusi yang tepat untuk menstimulan agar orang banyak berbelanja dan ekonomi pun menggeliat," ujar Mahyeldi.

Di sisi lain, ini pun dilema paling berat bagi Kota Padang. Memang ada bantuan Pusat, tapi sifatnya dana rutin dan sudah diserahkan duluan, tidak bisa digeser untuk penanganan Covid-19 atau untuk membantu perekonomian masyarakat.

"Jadi tak heran jika ada warga yang ngomel "Covid, covid, tapi Pemko bangun jalan dan trotoar juga". Kota Padang butuh lebih dari Rp1 miliar untuk 72.000 penerima Jaring Pengaman Sosial Covid-19," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 21 September 2020 - 14:26:56 WIB

    Padang Zona Merah! Wawako: Artinya harus Disiplin Uji Swab

    Padang Zona Merah! Wawako: Artinya harus Disiplin Uji Swab HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Kota Padang masuk dalam kategori zona merah. Artinya, Kota Padang memiliki resiko penularan Covid-1.
  • Rabu, 24 Januari 2018 - 09:51:47 WIB

    Wako: Mari Sukseskan HPN 2018

    Wako: Mari Sukseskan HPN 2018 PADANG, HARIANHALUAN.COM--Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 akan digelar di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) 8-9 Februari 2018 nanti. Menyikapi itu, Pemerintah Kota Padang sejak jauh hari bertekad memberikan andi.
  • Sabtu, 20 Januari 2018 - 11:04:00 WIB

    Wawako: Basko Berkontribusi Besar untuk Kota Padang

    Wawako: Basko Berkontribusi Besar untuk Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM– Wakil Walikota Padang Emzalmi prihatin atas eksekusi bangunan Basko Hotel dan Mall yang terjadi Kamis (8/1). Basrizal Koto menurut Emzalmi adalah sosok yang berjasa dalam membangun dunia usaha dan .
  • Selasa, 05 September 2017 - 02:07:56 WIB

    Wako: Muslim Rohingya Butuh Dukungan

    Wako: Muslim Rohingya Butuh Dukungan PADANG, HALUAN--Kaum muslim Rohingya di Myanmar mendapat perlakuan kekerasan selama ini. Nyawanya dihilangkan oleh sejumlah kelompok di Myanmar yang notabene beragama Budha..
  • Selasa, 11 Juli 2017 - 22:35:22 WIB

    Wako: Dirut PDAM Bakal Diganti, Muswendri Ditarik ke Pemko

    Wako: Dirut PDAM Bakal Diganti, Muswendri Ditarik ke Pemko PADANG, HARIANHALUAN.COM—Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengaku dalam waktu dekat akan segera mengganti Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Muswendri Evytes..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]