Nih, Cara Membatalkan Email yang Salah Kirim


Jumat, 21 Agustus 2020 - 06:30:16 WIB
Nih, Cara Membatalkan Email yang Salah Kirim Foto: Fstoppers

HARIANHALUAN.COM - Email menjadi salah satu jembatan komunikasi yang penting dalam pekerjaan, baik itu untuk karyawan perusahaan hingga pengusaha UMKM. Dalam mengaplikasikannya, adakalanya kita merasa email yang telah dikirim kepada seseorang tidak sesuai dengan apa yang ingin kita tuliskan. Ingin menghapusnya, tetapi sudah terlanjur terkirim dan diterima oleh yang bersangkutan. 

Nah, sebenarnya kamu bisa membatalkan email yang akan kamu kirim dengan mudah, lho. Tanpa perlu cara yang rumit, email akan mudah dibatalkan dan kamu dapat sesegera mungkin mengirimkan email baru. 

Seperti dikutip dari Tekonologi.id (Haluan Media Group), Jumat (20/8/2020), berikut kami beberkan cara membatalkan pengiriman email, khusus untuk kamu. Ini hanya berlaku untuk pengguna Gmail, ya!

1. Setiap email yang terkirim, pastinya ada pop up notifikasi yang tertera di pojok kiri bawah dari laman Gmail kamu. Klik Urungkan (Undo) dan email kamu otomatis akan dibatalkan. 

2. Yang biasanya menjadi masalah, adalah pop up notifikasi hanya muncul untuk waktu yang terbilang singkat, yaitu 5 detik. Namun jangan panik, kamu dapat mengubah durasi waktu untuk membatalkan pengiriman lewat fitur Setelan (Settings) yang terdapat pada pojok kanan atas di deretan foto profil. 

Klik Setelan (Settings) dan pilih Umum (General). Scroll tampilan layar hingga menemukan Urungkan Pengiriman (Undo Send). Di sana, kamu bisa menentukan periode pembatalan pengiriman, antara 5, 10, 20, atau 30 detik. Pilih sesuai kebutuhan dan pastikan telah menyimpan perubahan yang kamu buat dengan mengklik Simpan Perubahan (Save Changes).

3. Setelah dilakukan pengaturan waktu pembatalan pengiriman, pop up notifikasi yang muncul akan menyesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan. Semakin lama waktu yang kamu pilih, semakin banyak waktu yang bisa kamu gunakan untuk memikirkan kembali apakah email yang kamu kirim harus dibatalkan atau tidak. 

Bagaimana, mudah bukan? Sekarang kamu tidak perlu panik jika terdapat kesalahan dalam mengirimkan email kepada rekan kerja atau bahkan bos di kantor. Selamat mencoba! (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]