Minta Eropa Tak Perlu Lockdown Lagi Meski Covid-19, WHO Ungkap Alasannya


Jumat, 21 Agustus 2020 - 07:13:32 WIB
Minta Eropa Tak Perlu Lockdown Lagi Meski Covid-19, WHO Ungkap Alasannya Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) meminta Eropa tidak perlu lockdown lagi untuk menangani virus corona. Alasannya, karena pemerintah sekarang lebih siap dan sudah mendapat pemahaman tentang cara melawannya sejak beberapa bulan terakhir.

Seperti dikutip dari Kontan.co.id, Kontan.co.id, Jumat (21/8/2020), kasus positif corona di Eropa hingga Agustus ini sudah menembus 4 juta orang. WHO mencatat ada penambahan rata-rata 26.000 kasus positif corona setiap hari di Eropa.

"Dengan aturan-aturan dasar nasional dan tambahan yang ditujukan, kami berada dalam posisi yang jauh lebih baik sekarang untuk membasmi penyebaran virus ini secara lokal," kata kepala cabang WHO di Eropa Hans Kluge.

"Kami bisa menangani virus dan menjaga perekonomian tetap berjalan dan sistem pendidikan tetap beroperasi," tambahnya.

Eropa telah mengalami peningkatan yang stabil dalam jumlah kasus selama dua bulan terakhir, ujarnya. Pada minggu pertama Agustus ada tambahan 40.000 lebih banyak kasus yang dilaporkan, dibandingkan pada Juni ketika kasus berada di titik terendah.

"Tapi kami tidak berada di bulan Februari, kami dapat mengelola virus secara berbeda sekarang dari yang kami lakukan saat Covid-19 pertama kali muncul," ucap Kluge.

Selain mengingatkan tentang kebersihan tangan, social distancing, dan pengujian serta pelacakan nasional, WHO juga menyarankan aturan tambahan diterapkan jika ada klaster corona yang muncul.Kluge juga menekankan urgensi membuka kembali sekolah dengan kondisi negara berangsur normal, karena akan ada efek negatif dari penutupan sekolah terhadap anak-anak. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 09:41:54 WIB

    Khawatir Tak Aman, Bank di Amerika Minta Karyawannya Hapus TikTok

    Khawatir Tak Aman, Bank di Amerika Minta Karyawannya Hapus TikTok HARIANHALUAN.COM - Salah satu bank di Amerika Serikat Wells Fargo & Co. meminta para karyawannya untuk menghapus TikTok dari smartphone mereka karena adanya kekhawatiran tentang keamanan aplikasi tersebut..
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 09:54:50 WIB

    Keamanan Kurang Kondusif, WNI di New York Diminta Waspada

    Keamanan Kurang Kondusif, WNI di New York Diminta Waspada HARIANHALUAN.COM - Terkait dengan terjadinya penembakan massal di kota New York, Amerika Serikat pada akhir pekan lalu, Konsulat Jenderal RI (KJRI) New York menghimbau kepada seluruh WNI untuk selalu waspada..
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 13:38:55 WIB

    Peringatan Terbaru WHO Soal Corona & Permintaan Lockdown

    Peringatan Terbaru WHO Soal Corona & Permintaan Lockdown HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) kembali memperingatkan seluruh negara terkait dengan perkembangan terbaru pandemi Covid-19. Disebutkan bahwa mengingat sejumlah negara masih mengal.
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 11:00:33 WIB

    Trump Sebut Tes Corona di AS Berlebihan, Minta Diperlambat

    Trump Sebut Tes Corona di AS Berlebihan, Minta Diperlambat HARIANHALUAN.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut pemeriksaan virus Corona (COVID-19) bagaikan pedang bermata dua. Trump bahkan mengaku meminta para pejabatnya untuk memperlambat pemeriksaan karena hal it.
  • Kamis, 18 Juni 2020 - 09:28:26 WIB

    Trump Minta Bantuan Xi Jinping Demi Menangkan Pilpres AS

    Trump Minta Bantuan Xi Jinping Demi Menangkan Pilpres AS HARIANHALUAN.COM - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, berupaya meminta bantuan kepada Presiden China, Xi Jinping, agar dia bisa kembali menang dalam pilpres AS mendatang, sebut mantan Penasihat Keamanan Nasional, John Bo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]