Buruan! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 5 Tutup Hari Minggu Ini


Jumat, 21 Agustus 2020 - 13:14:38 WIB
Buruan! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 5 Tutup Hari Minggu Ini Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Program Kartu Prakerja gelombang 5 akan ditutup pada hari Minggu, 23 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB. Rencananya, proses pendaftaran bakal kembali dilanjutkan untuk gelombang selanjutnya.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, pihaknya akan mengabarkan kembali jadwal pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang selanjutnya.Namun, ia belum mau memberikan bocoran soal pengumuman tersebut.

"Untuk gelombang 6 akan kami umumkan bersamaan dengan penutupan gelombang 5 hari Minggu," kata Louisa dilansir dari Liputan6.com, Jumat (21/8/2020).

Sebelumnya, Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mencatat, jumlah pendaftar pada gelombang V yang akan ditutup pada Minggu lusa terus bertambah. Jumlahnya kini sudah mendekati sekitar 1,3 juta orang.

PMO Kartu Prakerja juga telah melakukan survey kepada 240 ribu penerima, dan menemukan hasil dimana banyak peserta yang telah memulai usaha sendiri dan berwirausaha dengan memanfaatkan pelatihan yang mereka ambil lewat program tersebut.

Berdasarkan pada hasil survey tersebut, Louisa melaporkan, jenis usaha yang dijalankan para penerimanya terdiri dari bermacam bidang. Seperti memulai usaha warung kopi, pembuatan kue hingga desain grafis.

"Hal ini sejalan dengan tingginya minat penerima Kartu Prakerja terhadap pelatihan kategori penjualan dan pemasaran, Food and Beverage, dan lifestyle," ujar Louisa.

"Kartu Prakerja ikut mendukung pemulihan ekonomi nasional sekaligus pencapaian target pemerintah 4 persen penduduk Indonesia berwirausaha pada tahun 2030," dia menandaskan.

Pendaftaran program Kartu Prakerja telah memasuki gelombang 5. Proses pendaftaran akan terus berlangsung hingga masa penutupan pada Minggu, 23 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB.

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja menilai, program pelatihan kerja semi bantuan sosial (bansos) yang mereka jalankan telah menuai sejumlah hasil. Beberapa penerima manfaat bahkan disebutkan sudah bisa memulai usahanya sendiri.

"Menurut hasil tracking survey kepada 240 ribu penerima Kartu Prakerja, ada banyak penerima yang telah memulai usaha sendiri dan berwirausaha dengan memanfaatkan pelatihan yang mereka ambil lewat Kartu Prakerja," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, dikutip Jumat (21/8/2020).

Merujuk pada hasil survey, Louisa mengatakan, jenis usaha yang dijalankan para penerimanya terdiri dari bermacam bidang. Seperti memulai usaha warung kopi, pembuatan kue hingga desain grafis.

"Hal ini sejalan dengan tingginya minat penerima Kartu Prakerja terhadap pelatihan kategori penjualan dan pemasaran, Food and Beverage, dan lifestyle," ujar dia.

"Kartu Prakerja ikut mendukung pemulihan ekonomi nasional sekaligus pencapaian target pemerintah 4 persen penduduk Indonesia berwirausaha pada tahun 2030," dia menambahkan.

Di lain sisi, minat masyarakat akan keberadaan program Kartu Prakerja pun terus meninggi. Louisa melaporkan, jumlah pendaftar pada gelombang V yang akan ditutup lusa kini terus bertambah.

"Hingga saat ini jumlah pendaftar sudah mendekati 1,3 juta orang dari seluruh Indonesia," tukas Louisa. (*)

loading...
 Sumber : Liputan6.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]