Mau Tahu Siapa yang Mendesain Uang Rp75.000?


Jumat, 21 Agustus 2020 - 15:25:09 WIB
Mau Tahu Siapa yang Mendesain Uang Rp75.000? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Uang rupiah khusus dengan pecahan Rp 75.000 resmi diluncurkan oleh pemerintah pada 17 Agustus lalu.

Penerbitan uang ini untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Republik Indonesia. Uang khusus ini memiliki desain yang keren dengan adanya gambar peristiwa pengibaran bendera saat proklamasi 1945.

Lalu ada foto Soekarno dan Hatta. Kemudian pencapaian-pencapaian pembangunan yang dilakukan Indonesia selama 75 tahun merdeka seperti jembatan, MRT, LRT hingga tol Trans Jawa.

Ada pula arti kebhinekaan dengan menampilkan gambar anak-anak yang menggunakan pakaian adat. Hingga gambar satelit merah putih yang bermakna untuk masa depan gemilang pada era digital.

Kira-kira siapa ya yang mendesain gambar uang Rp 75.000 itu?

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Marlison Hakim menjelaskan BI dan Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) memiliki tim khusus untuk pencetakan uang baru ini.

"Yang menetapkan desain uang pecahan khusus adalah BI, pembuatan desain bersama Peruri. Waktu yang dibutuhkan untuk desain dan pencetakan ini sekitar 1,5 tahun," kata dia dilansir dari detikcom, Jumat (21/8/2020).

Dia menjelaskan dalam menerbitkan uang khusus ini ada tahap perencanaan. BI menggelar focus group discussion dan pembahasan awal dengan para sejarawan, budayawan dan departemen terkait.

Kemudian tim BI menetapkan tema dan pemilihan gambar untuk tampak depan dan belakang rupiah khusus ini. Tema Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia adalah Mensyukuri Kemerdekaan, Memperteguh Kebinekaan, dan Menyongsong Masa Depan Gemilang dengan desain yang menggambarkan pencapaian pembangunan selama 75 tahun Indonesia Merdeka dan optimisme menyongsong Indonesia Maju bermodalkan kebinekaan dan SDM Unggul.

UPK 75 Tahun RI dicetak menggunakan durable paper, dengan desain dan unsur pengaman menggunakan teknologi terkini. Inovasi dalam pencetakan tersebut menjadikan UPK 75 Tahun RI semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, namun sulit untuk dipalsukan. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 September 2020 - 22:38:26 WIB

    Mau Urus Sertifikat Halal? Cukup Hubungi Layanan Online BPJPH

    Mau Urus Sertifikat Halal? Cukup Hubungi Layanan Online BPJPH HARIANHALUAN.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag telah menerbitkan 560 sertifikat halal dalam satu tahun terakhir, tepatnya sejak 17 Oktober 2019. Sertifikasi halal ini diterbitkan bagi para pelaku .
  • Selasa, 22 September 2020 - 08:23:59 WIB

    Guru Honorer Mau Dapat BLT? Wajib Terdaftar di BP Jamsostek

    Guru Honorer Mau Dapat BLT? Wajib Terdaftar di BP Jamsostek HARIANHALUAN.COM - Ini kabar gembira untuk guru honorer di Indonesia. Pemerintah akan memberikan bantuan subsidi upah/gaji (BSU) kepada 1,8 juta guru honorer melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Deput.
  • Selasa, 15 September 2020 - 11:44:02 WIB

    Jokowi Mau Pembatasan Sosial Super Mikro, Apalagi Tuh?

    Jokowi Mau Pembatasan Sosial Super Mikro, Apalagi Tuh? HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan analisa dan penanganan pandemi Covid-19 dilakukan secara mikro bahkan super mikro..
  • Senin, 14 September 2020 - 09:31:06 WIB

    Viral Gerombolan Pesepeda Lawan Arah di Tol: Kalau Mau Celaka Jangan Bawa Orang Lain!

    Viral Gerombolan Pesepeda Lawan Arah di Tol: Kalau Mau Celaka Jangan Bawa Orang Lain! HARIANHALUAN.COM - Praktisi keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana menanggapi perihal video viral gerombolan pesepeda masuk Jalan Tol Jagorawi. Peristiwa yang te.
  • Senin, 07 September 2020 - 06:08:00 WIB

    Mau Dapat Pulsa Rp 150 Ribu/Bulan? Begini Caranya

    Mau Dapat Pulsa Rp 150 Ribu/Bulan? Begini Caranya HARIANHALUAN.COM - Proses pencairan tunjangan biaya pulsa sebesar Rp 150 ribu per bulan untuk masyarakat dan mahasiswa berlangsung mulai September hingga 31 Desember 2020. Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Nom.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]