Nihil Kasus Baru, Dua Pasien Kasus Konfirmasi di Dharmasraya Dinyatakan Sembuh


Jumat, 21 Agustus 2020 - 17:02:26 WIB
Nihil Kasus Baru, Dua Pasien Kasus Konfirmasi di Dharmasraya Dinyatakan Sembuh Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Dua pasien terakhir kasus konfirmasi yang dirawat asal Dharmasraya, sudah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil uji swab pihak laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang, kata Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dr Rahmadian, Jum'at (21/08). 

"Pasien yang dinyatakan sembuh tersebut yakni Tuan U (24) asal Kecamatan Padang Laweh dan Ny LF (19), asal Kecamatan Koto Baru," Ungkapnya di Dharmasraya. 

Dengan demikian, lanjutnya, sebanyak 34 kasus konfirmasi sudah tertangani dan sembuh, sementara untuk penambahan kasus baru untuk sementara sudah tidak ada lagi dan bisa dikatakan daerah ini sudah bergerak ke status zona hijau penanganan Covid-19. 

Meskipun demikian, tambahnya, kesadaran masyarakat untuk selalu menerapkan standar adaptasi kebiasaan baru masih diperlukan dan diminta kepada seluruh lapisan masyarakat meningkatkan kewaspadaan bersama agar status tidak ada lagi penambahan kasus konfirmasi baru bisa dipertahankan. 

Terkait upaya penanganan lanjutan jelang dilaksanakannya proses pembelajaran tatap muka di daerah itu, ia menjelaskan hingga saat ini pihaknya sudah melakukan uji swab bagi para tenaga pengajar berbagai tingkatan sekolah yang tersebar di 52 nagari atau desa adat yang ada. 

" Uji swab dilaksanakan di Puskesmas yang ada secara bertahap, " Ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut ia mengimbau kepada seluruh masyarakat bersama satgas penanganan Covid-19 tingkat kecamatan, agar memperketat pelaksanaan standar protokol kesehatan di daerah-daerah pantau masing-masing. 

"Jika ini diabaikan maka bisa jadi status zona kuning yang sedang diupayakan menjadi hijau, justru akan berbalik menjadi zona orange sehingga upaya penanganan akan semakin sulit dan masyarakat semakin lama terbebas dari risiko terpapar virus pandemi tersebut, " Tutupnya. 

Pantauan harianhaluan.com, sebagian masyarakat terlihat makin enggan melaksanakan standar protokol kesehatan yang menjadi kunci suksesnya penanganan penyebaran virus Covid-19.

Terlihat di sejumlah fasilitas umum seperti gerai Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan tempat-tempat keramaian lainnya sudah tidak menyediakan lagi fasilitas cuci tangan atau hand sanitizer sehingga dikhawatirkan risiko penyebaran virus tersebut akan kembali merebak dan tidak terkendali. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]