Gagal di Jalur Independent, Fakhrizal-Genius Umar Kini Diusung Partai Golkar


Jumat, 21 Agustus 2020 - 17:10:00 WIB
Gagal di Jalur Independent, Fakhrizal-Genius Umar Kini Diusung Partai Golkar Pasangan cagub dan cawagub Sumbar, Fakhrizal-Genius Umar

HARIANHALUAN.COM - Setelah dinyatakan gagal verifikasi faktual maju Pilkada Provinsi Sumatera Barat 2020 melalui jalur independent, pasangan Fakhrizal-Genius Umar kini resmi diusung oleh Partai Golongan Karya (Golkar). Keputusan tersebut dituangkan dalam SK yang ditandatangi Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto dengan Nomor Surat SKEP-225/DPP/GOLKAR/VIII/2020.

Di surat keputusan tersebut, Partai Golkar menyatakan akan mengusung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatra Barat yaitu Fakhrizal dan Genius Umar pada Pilgub Sumbar 2020 mendatang. Kemudian, menugaskan DPD Partai Golkar Provinsi Sumbar untuk dapat menindaklanjuti keputusan tersebut sesuai dengan ketentuan organisasi.

Surat keputusan tersebut juga menugaskan DPD Partai Golkar Provinsi Sumbar untuk mendaftarkan paslon Fakhrizal dan Genius Umar ke KPU daerah Provinsi Sumatra Barat. Keputusan tersebut baru saja disahkan pada tanggal 19 Agustus 2020 kemarin.

Sebelumnya, pasangan Fakhrizal-Genius Umar maju di Pilgub Sumbar melalui jalur independent. Namun, pasangan ini terpaksa menempuh jalur partai politik karena telah gagal dalam verifikasi faktual calon independen yang dilakukan oleh KPU Sumbar. Fakhrizal menilai KPU tidak bisa bekerja secara profesional sehingga paslon ini dinyatakan gagal verfak.

Meskipun Fakhrizal mendaftar jalur partai politik, sengekta dan gugatan ke KPU Sumbar tetap dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas demokrasi. Apalagi KPU selama ini tulang punggung demokrasi di Tanah Air. Dengan alasan itu, KPU Sumbar dituntut masyarakat agar bekerja lebih professional tanpa merugikan pihak lain.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]