Limapuluh Kota Cabut Status Zona Hijau, Dua Orang Terinfeksi Covid-19 Hari Ini


Jumat, 21 Agustus 2020 - 20:49:51 WIB
Limapuluh Kota Cabut Status Zona Hijau, Dua Orang Terinfeksi Covid-19 Hari Ini ilustrasi Corona

HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Limapuluh Kota kembali mencabut status zona hijau lantaran tambahan dua orang warganya terinfeksi Covid-19. Saat ini, jumlah pasien positif virus corona Limapuluh Kota berjumlah tiga orang, karena beberapa hari yang lalu juga melaporkan satu orang. Kabupaten Limapuluh Kota dinyatakan tidak lagi zona hijau, melainkan zona kuning karena saat ini telah memiliki tambahan tiga pasien positif Covid-19.

"Sedangkan, total keseluruhan pasien berjumlah 18 orang, 15 diantaranya sudah sembuh," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal, Jumat (21/8/2020).

Termasuk Limapuluh Kota, hari ini, Sumbar melaporkan kasus baru virus corona sebanyak 45 orang yang merupakan jumlah terkonfirmasi terbanyak perhari dan pernah terjadi sejak awal kasus Maret lalu.  Jumlah tersebut berasal dari sembilan daerah dengan kasus terbanyak berasal dari Kota Padang dengan kasus positif virus corona sebanyak 24 orang.

Kemudian Tanah Datar, Bukittinggi dan Payakumbuh masing-masing empat orang, Padang Pariaman dan Limapuluh Kota dua orang, Padang Panjang dan Pariaman satu orang, serta Kabupaten Agam tiga orang. Total sampai hari ini terdapat 1.527 orang warga Sumbar terkonfirmasi virus corona, dimana dirawat di berbagai rumah sakit sebanyak 120 orang, isolasi mandiri 298 orang, isolasi daerah 9 orang, isolasi BPSDM 55 orang, meninggal dunia 46 orang dan pasien sembuh 999 orang.

"Positivity rate Sumbar berada di angka 1,81 persen dengan total spesimen diperiksa sebanyak 97.588 sampel dari 84.557 orang," kata Jasman.

Informasi mengenai tambahan kasus berdasarkan 2.003 sampel yang diperiksa oleh laboratorium penanganan virus corona di Sumbar. 1.831 dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan 172 sampel dari Laboratorium Veteriner Baso. Lanjut Jasman, hampir semua data terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini mempunyai riwayat datang dari luar Sumbar. 

Untuk antisipasi hal tersebut, Ia meminta kepada seluruh masyarakat agar segera melakukan test PCR secara gratis yang telah disediakan pemprov Sumbar di berbagai fasilitas kesehatan, termasuk bandara. "Saya meminta masyarakat secara sadar agar mematuhi semua protokol kesehatan yang telah disampaikan, mari perangi virus corona secara bersama sesuai potensi dan kemampuan yang kita miliki," katanya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]